2 Cara Menggunakan Aplikasi Google Translate Di Android

Pakethp.com Cara Menggunakan Aplikasi Google Translate Di Android – Penggunaan Google translate sudah menjadi rahasia umum bahwa google translate digunakan banyak orang untuk menerjemahkan bahasa yang tidak kalian mengerti, tetapi sepertinya hanya sebagian orang yang tahu bahwa aplikasi ini bisa digunakan tanpa koneksi jaringan internet.

Aplikasi Google translate adalah media yang digunakan orang untuk mengetahui bahasa luar negeri yang kalian tidak mengerti dan dengan aplikasi itu kita dapat memahami bahasa yang sedang mereka ucapkan.

Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara menggunakan google translate secara offline di android. Aplikasi penerjemah dengan jumlah bahasa paling banyak di dunia telah membuat Google translate menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang mudah di akses lewat laptop dan komputer dari perangkat lebih kecil seperti android. Yuk silahkan simak cara menggunakannya secara offline di android.

Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline di Android

Pada saat kalian sedang merencanakan perjalanan bisnis atau liburan ke luar negeri? Jika kebetulan kalian kurang mahir dalam bahasa negara tersebut, ketika kalian sedang berbincang dengan orang lokal.

Bagaimana kalian bisa memahami rambu-rambu jalan serta memesan menu di tempat makanan? Jawabannya hanya satu, yaitu gunakan Google translate.

Aplikasi ini akan sangat membantu kalian untuk bertahan di negara yang kalian tidak mengerti bahasa lokalnya, bahkan saat kalian tidak memiliki akses koneksi jaringan internet.

Dengan fitur offline Google translate ini, saat kalian dapat menerjemahkan bahasa apa saja dan dari mana saja di android kalian, tetapi dengan syarat, kalian harus melakukan sedikit persiapan sebelum benar-benar offline seperti berikut ini:

1. Cara menggunakan Pertama Kali

  1. Langkah pertama kalian buka Play Store dan download aplikasi Google translate ke Android yang akan kalian bawa bepergian. Jika ingin lebih cepat, kalian juga bisa langsung copy paste URL berikut ke web browser di Android kalian.
  2. Selanjutnya aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan akan langsung muncul jendela pop-up dengan tulisan “Sedang menyiapkan Google translate”
  3. Kemudian tampilan jendela jadi, klik “tanda panah biru” yang ada di sebelah tulisan “Bahasa utama Anda”
  4. Kemudian kalian pilihlah bahasa“Indonesia”.
  5. Setelah itu kalian akan berada di bagian “Bahasa yang sering kalian terjemahkan”, pilihlah bahasa negara yang akan kalian kunjungi, misalnya seperti bahasa “Inggris”.
  6. Lalu kalian klik centang kotak kecil di sebelah kiri tulisan “Terjemahkan saat offline”, dan klik tombol “Selesai”.
  7. Selesai, sekarang coba matikan sambungan WiFi atau paket data dari android kalian, dan masukkan kata atau kalimat apa saja untuk memastikan bahwa aplikasi ini benar-benar bisa kalian digunakan secara offline.

2. Cara Menambahkan Bahasa

Buat kalian yang sudah tahu bagaimana cara menggunakan Google Translate secara offline di android untuk pertama kali, sekarang kalian juga tahu cara menambahkan bahasa jika suatu hari kalian membutuhkan bahasa yang lain.

Bahasa tambahan ini harus kalian download dulu satu per satu nih, jadi aplikasi tidak langsung menyiapkan semua bahasa seperti saat kalian menggunakannya secara online. Cara downloadnya adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama kalian Klik ikon “akun” yang ada di pojok kiri atas atau klik gambar “tiga titik”, lalu klik tulisan “Terjemahan offline”.
  • Kemudian sekarang kalian akan berada pada menu daftar bahasa yang disediakan oleh aplikasi tetapi masih dalam keadaan belum terdownload. kalian bisa scroll ke atas atau bawah untuk menemukan bahasa yang dibutuhkan.
  • Sedangkan untuk mendownloadnya tinggal klik ikon “Download (tanda panah ke bawah)” yang ada di sebelah kanan setiap bahasa. Tapi jika ikon download tidak muncul, maka bahasa tersebut tidak tersedia untuk di download di negara Anda.

Jika bahasa-bahasa yang dibutuhkan sudah terdownload semua, maka kalian sudah bisa menggunakannya secara offline. Tapi sekali lagi, sebaiknya tes dulu seperti cara di yang admin buat sebelumnya

Jangan lupa juga untuk selalu upgrade koleksi bahasa yang ada di aplikasi Google translate kalian. Karena bahasa berubah-ubah dan berkembang setiap waktu, begitu pula dengan Google translate.

Jadi, periksa aplikasi Google translate kalian secara berkala untuk melihat apakah pembaruan tersedia atau tidak dengan cara berikut:

  • Langkah pertama kalian buka aplikasi Google translate dan klik ikon “Pengaturan” yang ada di bagian pojok kiri bawah pada tampilan home.
  • Selanjutnya kalian pilih menu “Terjemahan offline” dan daftar bahasa yang sudah kalian download akan muncul.
  • Kemudian kalian klik opsi “Upgrade” dan kalian akan melihat daftar bahasa baru. Jika ingin menambahkannya ke aplikasi, tinggal klik ikon “Download”.

Tetapi jika proses download tiba-tiba berhenti atau macet, maka kalian perlu mengosongkan ruang penyimpanan di Android kalian karena hal ini biasanya disebabkan oleh ruang penyimpanan yang penuh.

Demikianlah ulasan-ulasan yang dapat admin bagikan ini mengenai 2 Cara Menggunakan Google Translate Di Android yang dapat kalian ketahui dan perlu kalian coba, semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai.

You May Also Like

About the Author: Krisna W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *