5 Penyebab Bikin Laptop Cepat Rusak, Harus Diketahui!

5 Penyebab Bikin Laptop Cepat Rusak, Harus Diketahui!

Pakethp.com – Meskipun smartphone telah berkembang pesat akhir-akhir ini dan kita menjadi semakin bergantung pada smartphone. Namun, laptop masih menjadi alat utama yang kita andalkan untuk bekerja, belajar bahkan memainkan game favorit kita.

Dalam penggunaan laptop, kita sering tidak menyadari melakukan kesalahan saat menggunakannya, dan kesalahan tersebut dapat menyebabkan laptop cepat rusak.

5 Penyebab Bikin Laptop Cepat Rusak, Harus Diketahui!

5 Penyebab Bikin Laptop Cepat Rusak

Karena laptop dapat kita bawa kemana-mana, maka leptop akan lebih rentan terhadap crash daripada komputer desktop, Berikut faktor penyebab yang akan membuat laptop cepat rusak yang harus Anda hindari :

1. Masalah overheating

Bahkan jika prosesor sekarang lebih hemat energi daripada sebelumnya, laptop akan menghasilkan banyak panas, dan banyak laptop akan menjadi terlalu panas setelah bekerja dalam jangka waktu tertentu.

Kipas perangkat (atau sumber pendingin internal lainnya) membantu menghilangkan panas internal.Oleh karena itu, saat laptop diletakkan pada permukaan yang halus selama penggunaan, outlet kipas harus dicegah agar tidak tersumbat. Hali Itu terakumulasi di dalam peralatan dan akan berdampak negatif pada komponen dasarnya.

pada saat suhu naik beberapa laptop akan langsung berhenti bekerja secara otomatis , tetapi beberapa laptop akan terus berjalan karena suhu tinggi, sehingga komponen internal yang penting (seperti prosesor) akan rusak.

Hindari menggunakan laptop di atas karpet atau selimut , karena seiring waktu, debu yanng berada di karpet ataupun selimut akan menumpuk di dalam peralatan dan menghalangi ventilasi dan saluran kipas internal dan menyebabkan laptop cepat rusak.

2. Seringnya guncangan pada hard drive

Banyak laptop sekarang berisi solid-state drive (SSD) atau memori flash lainnya. Karena SSD tidak memiliki bagian bergerak internal, SSD lebih tahan terhadap gerakan.

Namun, banyak laptop yang lebih tua dan lebih murah masih memiliki hard drive mekanis (HDD). Terlalu sering terguncang dapat menyebabkan laptop cepat rusak,

Anda dapat mengurangi risiko laptop cepat rusak dengan mengatur laptop secara perlahan dan tidak memindahkan laptop saat menjalankan program yang sering mengakses hard drive.

3. Pindahkan Laptop dengan cara yang salah

Layar merupakan bagian perangkat yang paling lemah karena melewati sisi Dua sambungan yang terhubung ke bingkai. Jadi pastikan untuk membuka layar dan menutup layar dengan hati-hati.

Jangan membuka layar terlalu maksimal dari posisi yang diharuskanr, karena hal tersebut dapat merusak laptop dengan kemungkinan terputus salah satu kabel komponen pada laptop.

Baca juga: Alami 3 Kendala Ini Pada Aplikasi Zoom? Ini Dia Cara Ampuh Atasinya

4. Pengisi daya yang tidak tepat

Banyak orang berpikir bahwa kabel daya dapat menahan banyak belokan dan tekukan, tetapi seiring waktu, hal ini akan berdampak negatif pada kinerja.

Harap hindari megulung secara rapat kabel pengisi daya saat bepergian, dan pastikan kabel pengisi daya dalam keadaan lurus saat digunakan. Karena ini dapat mempengaruhi efisiensi pengisian, Anda harus menghubungkan dan melepaskan kabel pengisi daya dengan hati-hati untuk menghindari

Kerusakan pada port pengisian.

Jangan tinggalkan pengisi daya di perangkat sepanjang waktu, karena dalam setiap siklus pengisian daya, baterai secara bertahap akan kehilangan dayanya, itulah sebabnya Anda akan menemukan kapasitas baterai berkurang secara signifikan.

5. Kesalahan Saat membawa laptop dan saat membersihkan

Fitur terpenting dari laptop adalah mudah dinavigasi, dan banyak orang membeli tas laptop untuk melindungi peralatan mereka dari guncangan harian. Namun, harap pastikan bahwa tas tersebut memang melindungi laptop, karena tas murah biasanya tidak memiliki faktor perlindungan yang dapat dengan mudah menyebabkan laptop cepat rusak.

Beberapa kesalahan dilakukan saat membersihkan peralatan.Untuk menghindari kerusakan peralatan, berikut adalah beberapa hal penting:

  • Jangan menggunakan produk pembersih rumah tangga seperti pembersih kaca karena kandungan airnya dapat merusak komponen internal perangkat.
  • Gunakan kain katun lembut, jika Anda menggunakan katun 100%, ini adalah pilihan yang ideal.
    Pertimbangkan bahwa untuk mencegah kerusakan pada komponen apapun maka tekanan udara dapat dikurangi.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dapat digunakan untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, atau udara bertekanan dapat digunakan untuk membersihkan sudut yang sangat sempit dan sulit dijangkau. retak. alat.

Kesimpulan:

Penting untuk memperhatikan detail kecil. Jika tidak, laptop akan cepat rusak secara perlahan karena kerusakan engsel, hard drive, eksternal, atau komponen lainnya. Bahkan tindakan yang tampaknya kecil, seperti sisa makanan yang jatuh di bawah keyboard, dapat menyebabkan masalah serius seiring waktu.

You May Also Like

About the Author: pakethp

PaketHP List Mengenai Hal Baru adalah blog yang menyajikan beragam list terbaru yang berhubungan dengan dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *