Begini Cara Mengatasi 404 Not Found For Android

not copy

Pakethp.com – Cara Mengatasi 404 Not Found – Banyak sekali kendala yang ditemukan oleh para warganet online yang mendapatkan sebuah masalah pada perangkat mereka masing – masing, salah satunya adalah bagi pengguna android.

Sebenarnya bukan hanya pengguna android saja yang terjadi masalah, namun semua perangkat seperti pengguna laptop, komputer, dan sebagainya bisa terkena masalah yang sama. Oleh karena itu, Mimin akan membuat tutorial khusus buat kalian yakni mengenai cara mengatasi 404 Not Found.

Untuk kode dari 404 Not Found yang digunakan juga memiliki arti tersendiri, bukan hanya sebatas angka saja. Pada angka 4 pertama yang muncul yaitu ditujukan untuk kesalahan dari user itu sendiri.

Seperti salah memasukkan kode link tautan, sehingga server akan memberikan respon bahwa ada yang salah dengan request pengguna. Sedangkan untuk angka 04 yang dipakai setelahnya menunjukkan ketiadaan atau dikenal sebagai syntax error.

Memang dengan adanya atau munculnya 404 Not Found yaitu bukan hal yang baru bagi anak – anak IT, namun sayangnya jika kalian pemula di dunia IT. Sangat tidak tahu dan bahkan pasti bertanya – tanya apa maksud dari kata tersebut yang muncul.

Sebenarnya masih ada contoh pesan error lainnya yang menggunakan kode tersebut dengan kata yang rada berbeda seperti 404 Error, Error 404, The requested URL [URL] was not found on this server, HTTP 404 dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Cara Top Up Go-pay Terbaru 2021, Begini Caranya

Apa Arti 404 Not Found

Begini Cara Mengatasi 404 Not Found For Android

Error 404 Not Found merupakan peringatan yang muncul ketika browse kalian tidak menemukan halaman atau file yang diakses. Bisa konten yang diakses hilang, telah diubah atau mengalami kerusakan. Yang paling sering terjadi juga karena si pengunjung salah mengetikkan alamat URL yang di tuju sehingga terjadi kesalahan atau error pesan yang muncul.

Pesan kesalahan seperti “Error 404 not found” bisa berasal dari script website yang kalian punya. Faktor lainnya, mungkin disebabkan oleh server hosting tempat kalian menyimpan file website. Itu jika dibicarakan dari sisi si pemilik website yang kalian kunjungi, namun seperti yang Mimin sebutkan diatas juga bisa jadi penyebabnya karena pengunjung itu sendiri.

404 Not Found Nginx/1.16.1

404 Not Found terjadi saat si pengguna mencoba mengakses aset yang tidak ada atau telah dipindahkan. Hal ini biasanya terjadi ketika tautan permanen telah dimodifikasi dan tidak ada pengalihan 301 yang diterapkan untuk mengarahkan pengguna ke URL yang benar. Ada beberapa variasi kesalahan 404 yang mungkin kalian lihat bergantung pada server yang kalian pakai.

Jika kalian menerima kesalahan 404 Not Found Nginx dan telah memeriksa ulang bahwa aset tersebut memang ada di server kalian, maka mungkin ada masalah dengan file konfigurasi kalian. Untuk memeriksa ini, buka file nginx.conf kalian dan periksa apakah situs kalian menggunakan jalur yang benar untuk folder root.

Penyebab Error 404 Not Found

Sebelum kita membahas tentang Error tersebut, lebih baik terlebih dahulu kalian harus mengetahui tentang hal dan penyebab dari Error 404 Not Found. Berikut ini ulasan mengenai masalah tersebut, baca selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Tips Membuat Video Online Agar Terlihat Menarik

Salah Masukkan URL

Penyebab Error 404 yang pertama cukup mudah dan sederhana, yaitu kesalahan ketik ketika menulis URL. Misalnya, kalian seharusnya menulis www.pakethp.com untuk mengakses website resmi pakethp. Namun, kalian malah menuliskan www.pakethp.co.id.

Caching Error

Masalah pada caching juga bisa menyebabkan error tersebut muncul. Jika browser yang kalian gunakan tidak bisa menemukan file cache website, muncullah Error 404.

Pengaturan DNS

Munculnya Error 404 yaitu masalah pada domain kalian yang belum dipropagasi ke Domain Name System (DNS) yang dipakai. Alhasil muncul tersebut ketika kalian mengakses website.

Cara Mengatasi 404 Not Found

Error 404 Not Found merupakan salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website, atau para pengunjung sebuah website.

Munculnya error ini, tentu menjengkelkan karena bisa merusak pengalaman pengunjung website kalian sendiri. Yang seharusnya memberikan kesan menarik dan tetap menjaga kestabilan sebauh website, malah dirusak dengan pesan tersebut.

Bagaimana caranya mengatasi hal tersebut? tentu Mimin kali ini akan memberikannya secara rinci khusus buat kalian semua.

  1. Langkah pertama, buka handphone Android kalian dan masuk ke menu setting atau system settings.
  2. Kemudian pilih groub menu dan pilih wireless dan networks.
  3. Lalu kalian klik/tab more.
  4. Setelah itu masuk ke mobile networks.
  5. Jika kalian sudah masuk ke mobile networks, silakan kalian masuk ke access point names dan pilih access point names yang sesuai dengan provider yang kalian pakai.
  6. Selanjutnya cari proxy pada access point names dan kosongkan proxy tersebut.
  7. Setelah sudah selesai, kalian dapat kembali ke menu utama.
  8. Langkah terakhir Restart Ponsel kalian, dan coba akses kembali tautan link yang kalian inginkan.
  9. Selesai, selamat mencoba

Bagaiamana, sudah lengkap bukan kalian baca mengenai penyebab serta solusi yang Mimin bagikan untuk mengatasi masalah Error 404 Not Found di Android atau semua perangkat yang kalian gunakan.

Baca juga : Apk Live Streaming Euro 2021, Begini Cara Nonton Bola Live

Kesimpulan

Setiap ada masalah pada sebuah perangkat atau browser yang kalian gunakan, tentu ada saja solusi yang diberikan setelah kalian mengakses blog pakethp.com. Hal tersebut dapat terselesaikan dengan sedikit tutorial yang Mimin bagikan secara gratis. Dikatakan cara mengatasi 404 Not Found tidak mudah, ya betul, hal itu terjadi jika kalian tidak melek dengan teknologi.

You May Also Like

About the Author: pakethp

PaketHP List Mengenai Hal Baru adalah blog yang menyajikan beragam list terbaru yang berhubungan dengan dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *