Cara Cek KTP Online Secara Resmi dan Terdata

Posted on

Cara Cek KTP Online – Kartu Tanda Penduduk atau yang lebih dikenal dengan KTP merupakan kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam negeri sebagai data diri. KTP menjadi salah satu alat pengenal diri seseorang. Setiap penduduk hanya boleh memiliki 1 KTP, Walaupun terkadang pemilik KTP selalu berpindah-pindah alamat. Karena KTP tersebut memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Sekarang ini KTP sudah berubah menjadi e-KTP atau Elektronik Kartu Tanda Penduduk. Dimana e-KTP tersebut sudah saling terintegrasi dengan database dinas kependudkan dan catatan sipil Kementrian Dalam Negeri.

Program e_KTP ini dirancang pada tahun 2013, sehingga setiap WNI (Warga Negara Indonesia) yang memiliki KTP lama harus membuat e-KTP. Program e-KTP ini dibuat untuk beberapa hal diantaranya:

  • Memalsukan Indentitas
  • Menintegrasikan seluruh data WNI
  • Mengamankan tindakan kejahatan
  • Dll

Peraturan yang mengharuskan 1 orang hanya oleh memiliki 1 e-KTP juga tertuang dalam UU Nomor 24 tahun 2013.

Perbedaan KTP dan e-KTP

Mungkin bagi anda yang tidak mengetahui peredaan KTP dan e-KTP :

  • KTP tidak bisa menyimpan data, sedangkan e-KTP bisa menyimpan data
  • KTP tidak memiliki chip, sedangkan e-KTP memiliki chip
  • KTP memiliki masa berlaku, e-KTP berlaku seumur hidup

Cara dan syarat pembutan e-KTP :

  • Berusia Minimal 17 Tahun
  • Mengajukan surat pengantar dari RT, RW, Lurah atau desa setempat
  • Mengisi formulir F1.01 yang telah ditanda tangani oleh kepala desa atau kelurahan setempat
  • Memberikan fotocopy KK (Kartu Keluarga)

Cara Cek Data e-KTP Online

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek E-KTP anda:

  1. Dengan mengakses website Pemda (Pemerintah Daerah) terkait. Misalnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah Bogor. Anda bisa buka situs disdukcapil kota Bogor. Lalu anda bisa masukan NIK pada e-KTP anda, lalu anda bisa tunggu beberapa saat maka data anda akan muncul sesuai dengan data pada saat anda ini.
  2. Dengan menggunakan card reader e-ktp. Cara yang satu ini paling mudah dan paling simple, sebab cara ini tidak menggunakan PC, computer ataupun browser pada handphone anda. Card reader ini akan membaca chip pada e-KTP anda sehingga data langsung tersedia. Akan tetapi pada saat ini card reader ini hanya digunakan pada dinas terkait saja seperti kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kalaupun anda ingin mengecek e-KTP anda anda bisa mengunjungi dinas terkait.
  3. Anda bisa mengecek e-KTP anda melalui aplikasi cek KTP ID dan NIK online. Untuk cara ini anda bisa download pada Google Play. Anda dukup masukan NIk pada e-KTP anda maka data anda akan langusng keluar tanpa menunggu lama.

Untuk bisa mengetahui identitas seseorang bisa dengan melihat NIK orang terseut. Karena pada NIK tersebut ditentukan oleh Dirjen Dukcapil.

NIK terdiri dari 16 angka. Angka tersebut memiliki arti. Misal NIK tersebut ABCDEFDDMMYY8888. Maka jika diuraikan maka

AB          : Kode Provinsi

CD          : Kode kabupaten / Kotamadya

EF           : Kode Kecamatan

DD          : Tanggal Lahir

MM       : Bulan Lahir

YY           : Tahun Lahir

8888       : Nomer Registrasi Kependudukan.

Dengan Kode-kode tersebut maka tidak mungkin seseorang memiliki data NIK yang sama. Karena masing-masing NIK berbeda dan tidak boleh sama.

Itulah Cara Cek KTP Online yang bisa anda gunakan. Anda bisa mengecek data tersebut untuk diri anda, keluarga ataupun pasangan anda. Jika ada data-data yang tidak sesuai maka ada baiknya anda mengubah data tersebut ke dinas terkait