Cara Cek Data NIK E-KTP Secara Online

Monday, May 27th, 2019 - Melacak, Menyadap, Tips dan Trik

Cara Cek Data NIK E-KTP Secara Online – Setiap penduduk diwajibkan memiliki nomor identitas kependudukan yang terdapat pada e-KTP (elektronik Kartu Tanda Penduduk) yang secara langsung dikeluarkan oleh pemerintah, sebagai warga negara apakah anda sudah terdaftar di dukcapil? nah, jika belum coba anda cek ktp secara online.

Sebagai warga negara diharuskan memiliki e-KTP, meskipun kebijakan sekarang agak sulit membuat e-KTP setidaknya anda masih bisa melakukan cara cek ktp online melalui halaman website dukcapil. Hal yang sulit jika seorang warga negara tidak memiliki KTP, untuk urusan administrasi akan lebih sulit, karena fungsi KTP hampir mencakup soal administrasi negara seperti membuat SIM, membuat BPJS, membuat Buku Nikah, Kartu Keluarga dan lainnya.

Jadi sudah diri anda mengecek identitas anda di dukcapil? jika di dukcapil NIK anda belum terdaftar pastikan untuk segera memprosesnya di kelurahan tempat anda tinggal. Untuk memastikan bahwa anda telah terdaftar bisa mengikui cara cek e-ktp online yang jauh lebih cepat yaitu secara online.

Cara Cek e-KTP Secara Online

Dengan kemajuan teknologi sekarang anda lebih mudah untuk melakukan cek status e-KTP melalui online, dengan keterbatasan waktu yang anda miliki pemerintah menyediakan situs online Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) agar masyarakat lebih mudah untuk mengecek keperluan administrasi kenegaraan termasuk didalamnya e-KTP.

cara cek e-ktp online

cara cek e-ktp online

Cara Cek e-KTP berikut ini:

1. Melalui web Pemerintah Daerah dan Dinas Terkait, sebagai contoh disini adalah dukcapil tingat kabupaten / kota wilayah anda berada. karena kedua instansi tersebut terhubung dengan Kementrian Dalam Negeri.

2. Berikut ini beberapa contoh web disdukcapil yang bisa anda akses:

3. Setelah itu silahkan anda masukkan nomor NIK yang terdapat pada e-KTP anda pada kolom yang tersedia, dibeberapa web meminta anda memasukkan captcha, tulis sesuai huruf yang ada disampingnya.

4. Setelah anda menekan button cek NIK, tunggulah beberapa saat proses pengunduhan data anda membutuhkan waktu mungkin agak sedikit lama.

5. Secara otomatis apabila anda telah terdaftar akan muncul identitas e-KTP anda sesuai perwilayah, namun jika tidak ada kemungkinan anda belum terdaftar, ataupun e-KTP anda palsu.

Jika anda tidak menemukan identitas anda, selain itu cara cek e-KTP sekarang bisa menggunakan aplikasi android untuk memastikan anda sudah terdaftar, untuk menggunakannya silahkan anda sesuaikan dukcapil wilayah anda, dan masukkan NIK pada kolom yang tersedia, nama aplikasi yang bisa anda download cek KTP ID & NIK bisa melalui link berikut.

cek e-ktp dengan aplikasi android

cek e-ktp dengan aplikasi android

Lalu bagaimana jika saat cara cek e-KTP online yang muncul adalah identitas orang lain, silahkan anda laporkan langsung ke dukcapil untuk melakukan revisi data kependudukan anda, apakah NIK tersebut salah input atau terdapat data ganda? untuk mengetahui lebih jelas kita akan membahas tentang NIK (Nomor Induk Kependudukan).

NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Setiap warga negara pasti memiliki nomor identitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri /  Personal Identity Number. Termasuk juga warga negara Indonesia sesuai dengan per Undang – Undangan yang telah mengatur bahwa setiap warga negara wajib memiliki nomor identitas atau bisa disebut dengan NIK ( Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat pada KTP dan Kartu Keluarga.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertara pada e-KTP sebagai kode unik yang melekat pada warga yang telah teradftar dan berlaku hinga seumur hidup, yang diberikan negara kepada penduduk, karena NIK merupakan hak bagi semua warga negara.

Untuk lebih jelasnya kita akan mengetahui nomor unik NIK yang terdapat e-KTP anda, yang mana telah diatur oleh Dirjen Dukcapil dan Kemendagrai sesuai dengan perundang – undangan negara. NIK memiliki 16 digit angka (contoh: 00112233AABB1234) yang mana memiliki kode unik, untuk mengetahuinya kita bisa cek dibawah sini.

DigitKeterangan Kode
00Provinsi
11Kabupaten / Kota
22Kecamatan
33Tanggal Lahir
AABulan Lahir
BBTahun Lahir
1234Nomor Registrasi

* Apabila warga negara berjenis kelamin perempuan tanggal lahir ditambahkan jumlah 40, seandainya tanggal lahir 33 maka ditambah 40 menjadi 73, sehingga hasil identitas NIK menjadi 00112273AABB1234.

Keterangan dari kode NIK diatas, bisa kita simpulkan bahwa:

1. 6 digit pertama merupakan informasi dimana wilaha e-KTP diterbitkan,

2. 6 digit kedua merupakan identitas kelahiran pada warga negara,

3. 4 digit ketiga merupakan nomor registrasi kependudukan berdasarkan nomor urut kelahiran warga negara.

e-KTP yang anda pegang sekarang ini telah berlaku untuk seumur hidup yang mana artinya anda tidak perlu lagi melakukan perpanjangan KTP kecuali jika terdapat penulisan data atau data pada e-KTP tidak sesuai dengan identitas anda. Anda juga dapat menggunakan cara cek e-ktp online ini untuk mengetahui identitas keluarga anda, atau proses jual beli online dengan oran lain apabila melakukan transaksi online sehingga tidak timbul penipuan.

Demikian penjelasan cara cek e-ktp online apabila anda memiliki pertanyaan seputar wilayah dukcapil online anda, jika tidak menemukannya bisa menulis pada kolom komentar, sehingga kami akan membantu anda untuk menemukan data NIK anda.

error: Content is protected !!