Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk

Posted on

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk – Bicara soal instal windows, ada beberapa orang yang sudah mengetahui caranya dan ada juga orang-orang yang tidak tahu cara melakukan instal windows sehingga mereka menggunakan jasa instal windows untuk menginstal windows yang diinginkannya. Bagi kalian yang tidak mengetahui cara instal windows dengan baik benar, maka gunakanlah teknlogi informasi saat ini yang menyediakan berbagai macam informasi yang kamu butuhkan.

Media informasi saat ini sangatlah beragam dan cukup lengkap saat ini, seperti pembahasan artikel kita pada kali ini yaitu cara instal windows 7 menggunakan flashdisk. Caranya cukup mudah namun jangan dianggap enteng, sebab meski caranya terlihat mudah tapi harus teliti dan teratur dalam tahap-tahap proses penginstalan. Untuk lebih jelasnya silahkah simak cara dibawah dengan seksama dan teliti.

Membuat Bootable Dengan RUFUS

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

  • Pertama-tama yang harus kamu siapkan adalah file instalan windows 7 yang berformat .iso yang bisa kamu cari dan download pada situs resminya atau juga situs penyedia link download windows 7 pada browser.
  • Dan juga download dan instal software Rufus yang bisa kamu dapatkan pada browser.
  • Bila rufus sudah terinstal lalu buka software tersebut dan pada jendela rufus yang sudah terbuka kamu pilih opsi SELECT dan pilih file mentahan windows 7 pada folder tempat kamu menyimpan file instalan windows 7 tadi.
  • Bila file instalan windows sudah masuk di rufus lalu pilih pengaturan seperti ini, Image Option : standard windows installation, partition scheme : GPT, dan target system : UEFI (non CSM).
  • Dan untuk perngaturan format seperti ini, Volume labet : tidak perlu diganti, File system : FAT32, Cluster size : Default,  ceklis kotak Quick Format dan Creat Extended, lalu pilih 1 Pass.
  • Kemudian kamu klik Start, dan proses pembuatan fd bootable sedang berjalan dan tunggu hingga lampu indikator berwarna hijau dan muncul notifikasi READY.
  • Setelah selesai lalu kamu close dan eject fd dari laptop atau pc yang kamu gunakan.

Baca juga Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flasdisk

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyeting bios, adapun yang dsetting dalam bios tersebut adalah mengganti booting pada opsi Boot menjadi menggunakan fd/USB storage/Removable Disk atau sesuai nama merek flasdisk yang digunakan.
  2. Lalu non aktifkan juga Fast Boot, kemudian exit dan save.

Bila proses settingan boot diatas sudah kamu lakukan, kemudian kita menuju instalasi windows 7 seperti berikut :

  1. Kamu masukkan kembali fd untuk instal windows 7 tadi, dan hidupkan kembali pc / laptop kamu.
  2. Bila proses setting diatas berhasil biasanya ditandai dengan muncul logo windows berwarna biru.
  3. Pada tampilan utama kamu pilih bahasa yang mudah kamu mengerti, dan untukk yang lainnya biarkan saja lalu klik next.
  4. Setelah itu lalu kamu klik install now untuk proses penginstalan, lalu pada halaman selanjutnya kamu pilih opsei skip now (i don’t have a product key).
  5. Kemudian kamu pilih versi windows 7 seeuai yang kamu download tadi.
  6. Pada laman lisensi, setujui saja perintahnya dan klik nest.
  7. Dan pada tipe instalasi, pilih saja opsi ke-2 bila kamu ingin windows 7 seperti baru, atau opsi ke-1 bila kamu tidak ingin kehilangan file atau data yang sudah ada.
  8. Untuk langkah Atur Drive bisa kamu lewatkan dan kamu atur nanti, atau kamu bisa menyeting penyimpanan sesuai keinginanmu.
  9. Dan tahap akhir maka proses instalasi segera dimulai.
  10. Setelah selesai penginstalan, maka kamu akan disuruh untuk mengisi data setingan windows sesuai dengan keinginanmu, ikuti saja prosesnya hingga selesai dan isi data tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.
  11. Bila proses pengisian data sudah selesai, maka windows 7 sudah terinstal pada pc / laptop kamu, dan selamat menikmati.

Jadi seperti itulah kiranya cara mudah untuk melakukan instalasi windows 7 menggunakan flashdisk, ikuti cara diatas dengan baik dan teliti. Semoga sedikit penjelasan diatas bia memberi manfaat bagi para pembaca sekalian.