Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Posted on

Cara Mengembalikan File  Yang Terhapus – Human error ataupun system error merupakan hal yang biasa terjadi dalam keidupan manusia. Dan bagi para pekerja kantoran dimana memiliki data-data penting pada laptop atau pc-nya yang berisi semua pekerjaan kantor miliknya, namun tiba-tiba mengalami eror dah kehilangan data tersebut, itulah hal terburuk yang pernah dialami oleh seorang pekerja kantoran yang kehilangan data penting tersebut.

Kejadian-kejadian tersebut tidak cuma dialami oleh pekerja, seoarng pelajarpun bisa mengalami hal tersebut. Maka dari itulah kami menulis artikel ini untuk memberikan solusi dari permasalahan yang kamu hadapi seperti kasus diatas. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga akhir.

Cara Mengembalikan File Data Yang Terhapus

Kini untuk mengembalikan data yang terformat baik itu karena sengaja atau tidak sengaja bisa dilakukan dengan mudah, cukup dengan menggunakan software EaseUS Recovery Wizard Free. Untuk mendapatkan software ini kamu bisa dapatkan dengan browser dan kamu akan menemukan banyak situs yang menyediakan software ini dan tinggal kamu pilih ingin download software ini dari situs mana saja. Dan untuk cara penggunaannya bisa kamu lihat cara berikut :

  1. Pertama-tama pastikan kamu sudah mendownload softwarenya, bila sudah terdownload lalu langsung instal software tersebut agar langsung bisa kamu gunakan.
  2. Bila software EaseUS Data Recovery Wizard Free sudah terinstal pada pc atau laptop yang kamu gunakan, lalu kamu buka software tersebut.
  3. Setelah kamu buka, lalu kamu pilih lokasi yang kamu targetkan untuk proses recovery, seperti Hard Disk Drives, Desktop, dan Libraries atau kamu juga bisa memanfaatkan flashdisk sebagai opsi tambahan.
  4. Langkah selanjutnya lalu memulai proses scan, dan pada tahap ini kamu harus bersabar menunggu beberapa saat hingga proses scaning selesai.
  5. Adapun fitur Deep Scan bisa kamu gunakan untuk melakukan proses scaning lebih dalam lagi, namun proses scaning ini akan memakan waktu lebih lama lagi darai pada quick scan.
  6. Bila proses scaning sudah selesai, maka file-file yang sudah terhapus akan ditampilkan kembali setelah melalui proses scaning.
  7. Setelah kamu melihat daftar file yang tampil, lalu kamu pilih file dari daftar tersebut yang kamu butuhkan dan ingin kamu kembalikan. Bila sudah ketemu lalu centang file tersebut dan pilih tombol recover yang berada di pojok kanan bawah.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kam ketahui :

  1. Bahwasannya SSD memiliki sistem kerja yang berbeda, dimana saat kamu mengaktifkan TRIM maka setiap file yang trformat tidak akan bisa dikembalikan.
  2. Untuk antisipasi pada HDD yang terformat, baiknya lepas HDD-nya dan pasang dikomputer lain juga jangan install software recovery pada HDD yang sama.
  3. Segeralah lakukan recovery file setelah mengalami format data.
  4. Dan yang paling penting, bahwa tidak semua file bisa dikembalikan bila file yang sudah terformat itu sudah rusak.

Selain software diatas, kamu juga bisa menggunakan software recovery lainnya seperti :

  • 4EXT Recovery
  • MobiKin Doctor for Android
  • Recuva File Recovery
  • Wondershare Mobile Trans

Dima cara penggunaan dan fungsi dari software tersebut tidak jauh berbeda dengan cara penggunaan software recovery lainnya seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Dan bila data yang kamu maksud tidak bisa dikembalikan, berarti data tersebut mengalami beberapa kemungkinan seperti yang sudah kami jelaskan diatas juga.

Jadi itulah sedikit informasi mengenai cara mengembalikan file data yang terformat atau terhapus yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan sedikit informasi diatas bisa membantu memberikan informasi yang kalian butuhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.