Cara Menggunakan Teamviewer Untuk Remote dan Transfer Data

Posted on

Cara Menggunakan Teamviewer – Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengetahui apa itu team viewer, dan mungkin juga ada yang belum. Dan bagi yang belum mengetahui apa team viewer sedikit saya ulas, bahwa team viewer merupakan sebuah aplikasi atau software yang digunakan untuk mengontrol dan mengakses suatu pc atau laptop dari kejauhan. Dan hal itu bisa dilakukan selagi pc tersebut masih terhubung dalam jaringan LAN atau internet.

Untuk penggunaan software ini tidak terlalu sulit dan cukup simple. Selain digunakan untuk melakukan pengontrolan atau pengaksesan suatu laptop atau pc dari jarak jauh, software ini ini juga bisa digunakan untuk melakukan transfer data/file seperti halnya dalam penggunaan bluetooth atau aplikasi transfer data lainnya, jadi software ini bisa dibilang sebagai software multifungsi. Dan cara penggunaan software ini juga sebenarnya sama baik itu digunakan pada perangkat android maupun pada perangkat pc / laptop dan bisa kamu lihat beberapa tips dan cara dibawah ini.

Cara Menggunakan Teamviewer di PC dan Hp

Untuk cara penggunaan teamviewer pada pc sebebenarnya sama saja dengan cara penggunaan teamviewer pada smartphone, hanya saja berbeda pada perangkatnya saja. Jadi baik kamu menggunakan pc ataupun smartphone, kamu cukup ikuti cara berikut ini :

  • Pertama-tama pastinya kamu harus mendownload aplikasi teamviewer pada perangkat pc maupun smartphone milikmu dan perangkat yang ingin kamu kendalikan dari jarak jauh yang bisa kamu dapatkan pada browser ataupun appstore lalu instal.
  • Setelah aplikasi teamviewer terinstal, lalu buka aplikasi tersebut kemudian ceklis Basic Instalation dan Personal / Non-commercial use untuk versi gratis.
  • Pastikan perangkat yang kamu gunakan masih terkoneksi internet, dan nanti akan muncul ID dan Password teameviewer yang nantinya akan digunakan untuk mengontrol perangkat lain dari jarak jauh.
  • Kemudian pada perangkat yang kamu gunakan, masukkan ID teamviewer perangkat yang ingin dikendalikan pada kolom partner ID, lalu klik opsi Connect untuk memulai proses pengaksesan.
  • Bila proses tersebut berhasil, maka tampilan layar perangkat yang kamu targetkan akan muncul pada perangkat yang kamu gunakan, bila sudah seperti itu berarti pemasangan teamviewer berhasil dan tinggal kamu gunakan akses tersebut sesuai dengan keinginanmu.

Selain digunakan untuk perangkat yang sama, teamviewer juga bisa diakses untuk perangkat yang berbeda seperti dari pc ke smartphone ataupun sebaliknya. Dan untuk caranya tidak jauh berbeda dengan cara yang sudah kami jelasin diatas. Selain digunakan untuk pengontrolan perangkat dari jarak jauh, teamviewer juga bisa digunakan untuk transfer file/data dengan cara mengubah pengaturan yang tadinya Remote Control lalu diubah menjadi File Transfer.

Dan ada hal yang harus kamu ketahui, ketika kamu sedang melakukan proses teamviewer lalu mengalami lag atau lemot itu disebabkan oleh koneksi internet yang kurang stabil, dan hal itu sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya proses pemasangan aplikasi teamviewer pada perangkat yang kamu targetkan dan yang kamu gunakan. Jadi ketika melakukan cara diatas pastikan jaringan yang kamu gunakan itu stabil dan tidak ada gangguan demi keberhasilan proses pemasangan teamviewer.

Jadi seperti itulah sedikit penjelasan mengenai teamviewer dan beberapa cara menggunakan teamviewer diberbagai perangkat. Semoga dengan sedikit informasi yang kami bagikan pada artikel ini bisa memberikan iformasi bermanfaat yang dibutuhkan para pembaca sekalian. Dan tetap ikuti situs pakethp.com untuk mendapatkan informasi lebih luas lagi mengenai dunia teknologi untuk menambah wawasan para pembaca sekalian.