Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

Posted on

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop – Bagi para pengguna laptop ataupun pc sekalipun, sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata virus. Virus ini bukan dalam artian bibit penyakit yang menyerang manusia namun memiliki tujuan yang sama yaitu merusak. Adapun virus ini juga sama halnya bibit penyakit namun dalam bentuk enkripsi kode untuk merusak atau menghancurkan sebuah file atau data pada sebuah laptop atau komputer sehingga membuta software pada pc atau laptop menjadi bermasalah, mulai dari tingkat yang yang ringan hingga tingkat yang tinggi.

Masuknya virus ini bisa disebabkan melalui 2 cara, yaitu secara online ataupun offline. Yang dimaksud secara online yaitu virus masuk ke latpop atau pc pengguna ketika pengguna melakukan jejaring internet, sebab ini yang lebih besar resikonya karena virus yang terjangkit bisa berasal dari mana saja dan belahan dunia mana saja. Adapun secara offline yaitu ketika menggunakan flashdisk teman yang tidak diketahui bahwa fd itu sudah terjangkit virus yang memang sebab awalnya dari jejaring internet yang masuk ke flashdisk lalu dari fd itu tersebar ke setiap perangkata yang terhubung dengannya.

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

Maka dari itu, saya menulis artikel ini untuk memberikan solusi bagi para pembaca sekalian untuk memberikan cara menghilangkan virus di PC atau Laptop yang telah menyebar keberbagai file dengan mudah tanpa software atau aplikasi. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga akhir dengan seksama.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa bantuan pihak ke tiga yaitu sebagai berikut :

Menggunakan Command Prompt

Menggunakan command prompt menjadi salah satu alternatif karena anda tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Untuk caranya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama klik Start dan ketik cmd pada kolom pencarian, bila sudah ketemu softwarenya maka klik kanan dan jalankan sebagai administrator / Run as administrator.
  • Misalkan, yang anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D:attrib -s -h /s /d lalu tekan enter. Bila anda ingin memeriksa drive selain D maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi yang akan diperiksa.
  • Setelah itu cmd akan mengeksplorasi drive yang anda pilih.
  • Kemudain carai file yeng menurut anda asing dengan format .EXE, yang dimana anda tidak pernah menginstall sebelumnya, dan hapus melalui cmd ini.
  • Jika tidak dapat dihapus, anda dapat search melalui Run, dan hapus file tersebut. Anda juga dapat REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang anda temuka dicmd dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.

Menggunakan Task Manager

Matikan layanan mencurigakan dari task manager. Selanjutnya, anda dapat menegcek adanya virus menggunakan task manager, hal ini juga tidak menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Caranya yaitu :

  • Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lalu ihat, jika terdapat layanan yang mencurigakan segera matikan !
  • Kemudian jalankan MSconfig.
  • Langkah berikutnya, setelah masuk system configuration, masuklah ke opsi service. Anda diharuskan menghapus semua kolom centang yang mencurigakan yang tidak pernah install sebelumnya.
  • Setelah itu, masuk ke Startup dan tandai bila ada file yang mencurigakan.
  • Sekarang buka cmd, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan, hapus file tersbut melalui cmd.

Selain menggunakan cara manual seperti diatas saat menghilangkan virus, anda juga bisa menggunakan antivirus gratis ataupun berbayar yang bisa anda dapatkan dengan melakukan pencarian melalui browser. Cukup sekian beberapa metode yang bisa sampaikan pada artikel ini, semoga bermanfaat.