Cara Sharing Printer

Posted on

Cara Sharing Printer – Apakah anda pernah mendengar tentang sharing printer? Sharing printer merupakan cara meghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Jadi, dengan adanya sharing printer anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu menyediakan satu printer untuk setiap komputer yang ada dan juga menghemat waktu karena anda tidak perlu bolak-balik untuk mencetak dokumen.

Anda dapat melakukan sharing komputer melalui LAN ataupun wifi. Yang perlu anda perhatikan adalah setiap komputer yang ada harus terhubung dengan baik pada komputer yang terhubug dengan printer. Tutorial pada artikel ini sebenarnya dapat dilakukan diwindows 7, 8 dan 10 dikarenakan lalngkah-langkahnya tidak jauh berbeda satu sama lain. Untuk lebih jelasnya mengenai metode dan cara sharing printer dengan komputer lain, langsung saja simak penjelasan berikut.

Cara Dan Metode Sharing Printer

Agar printer dapat dishare dan digunakan oleh komputer lain, anda harus melakukan beberapa pengaturan dibawah ini pada komputer / pc yang telah terkoneksi dengan printer.

1. Pertama-tama  buka menu control panel dengna cara tekan tombol windows +R kemudian ketikkan control panel lalu OK atau enter.

2. Jendela menu control panel terbuka. Untuk melakukan sharing printer, kita terlebih dahulu harus mengaktifkan file and printer sharing. Caranya dengna memilih Network and internet pada menu control panel.

3. Setelah jendela network and internet terbuka, pilih network and sharing center.

4. Kemudian pilih change advance sharing settings.

5. Untuk sharing file maupun printer, pilih Turn on network discovery dan turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain dapat mengakses file atau printer yang telah anda sharing.

6. Langkah ke lima ini bisa dibilang opsional, boleh dilakukan atau tidak (namun saya menyarankan untuk melakukannya).. Jadi miaslkan pc anda melakukan printer sharing, dan pc anda in juga diberi paswor login, maka siapapun yang ingin mengakses printer yang telah dishare oleh pc anda harus memasukkan password login PC anda terlebih dahulu. Saya sarankan untuk menonaktifkan fitur ini dnegna cara klik All Networks.

7. Scroll sedikit kebawah kemudian pilih turn off password protected sharing. Dengan begini setiap komputer atau pc yang ingin mengakses printer yang telah dibagikan oleh pc anda tidak perlu lagi memasukkan password login. Selanjutnya jangan lupa klik save changes.

8. Setelah mengaktifkan file and printer sharing, sekaran anda bisa melakukan sharing printer. Buka kembali control panel lalu pada kategori hardware pilih kategori View Devices and Printers.

9. Kemudian, klik kanan pada salah satu printer yang ingin disharing lalu pilih printer properties. Disini saya menggunakan printer tipe kEpson L360 Series.

10. Pindah ke tab sharing kemudian centang share this printer kemudian beri nama pada printernya (opsional). Selanjutnya klik OK.

Dan printer yang telah dishare dapat digunakan oleh komputer lain yang sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Bila tidak berjalan, maka bacalah lagi dengan seksama cara diatas, kemungkinan ada cara yang terlewatkan atau miss pada saat anda membaca metode yang sudah saya tuliskan diatas.

Bila ada ingin mendapatkan informasi yang lebih update lagi mengenai dunia teknologi, tetap ikuti blog pakethp untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya yang mungkin bisa membantu menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam bidang dunia teknologi, sebab semakin banyak  hal yang anda ketahui akan memudahkan hidup anda kedepannya. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.