Pengertian Efek Rumah Kaca, Proses, Beserta Contohnya

littlefishphillyPengertian Efek Rumah Kaca, Proses, Beserta Contohnya – Pada kali ini, Admin akan membahas mengenai Pengertian Efek Rumah Kaca , Proses, Beserta Contohnya. Untuk kamu yang ingin memahami apa itu efek rumah kaca secara detail, kamu dapat mengiktui ulasan dibawah yang Akan admin bagikan ya.

Apa Itu Efek Rumah Kaca

Rumah kaca merupakan bangunan yang dinding dan atap terbuat dari kaca dengan tujuan supaya panas dari sinar matahari yang ditangkap pada siang hari, terperangkap di dalam bangunan sehingga saat malam hari suhu di dalam bangunan tetap hangat atau panas.

Efek rumah kaca yaitu untuk menggambarkan bumi yang mempunyai efek rumah kaca, di mana panas matahari terjerat oleh atmosfer bumi, gas yang berada di atmosfer seperti karbon dioksida Co2 mampu menahan panas matahari sehingga panas matahari dapat terjerat di dalam atmosfer bumi.

Secara normal di siang hari matahari menyinari bumi sehinga permukaan bumi menjadi panas dan pada malam hari permukaan bumi mulai menjadi lebih dingin dikarenakan efek rumah kaca membuat panas yang  dipantulkan ke bumi terperangkap oleh gas rumah kaca di atmosfer, dari peristiwa tersebut inilah yang menyebabkan bumi menjadi lebih panas dari tahun ke tahun

Baca juga : Pengertian Simple Present Tense Dan Contoh Kalimat Nya

Penyebab Dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Penyebab dari efek rumah kaca sendiri  dikarenakan gas pada rumah kaca tersebut. Berikut gas di atmosfer beserta persentasi kontribusinya pada efek rumah kaca :

  • Uap air (H2O), 36-70%
  • Karbon dioksida (CO2), 9-26%
  • Methana (CH4), 4-9%
  • Ozon (O3), 3-7%
  • Nitrous Oxide (N2O)
  • CFC dan HFC

Gas – gas yang tersebut sangat dibutuhkan supaya bumi tidak terlalu dingin, tetapi sejak revolusi industri yang membuat gas – gas seperti karbon dioksida, methana dan juga gas yang berbahaya menjadi semakin bertambah di atas atmosfer sehingga membuat konsentrasinya semakin meninggkat dan hal ini diakibatkan oleh ulah manusia.

Apabila konsentrasi gas – gas rumah kaca semakin meningkat di atmosfer, efek rumah kaca akan menjadi semakin besar. Berikut penyebab –  makin tingginya konsentrasi gas –  gas rumah kaca di atas atmosfer bumi:

  1. Penebangan dan pembakaran pohon yang dilakukan oleh manusia secara berlebihan menjadikan salah satu penyebab efek rumah kaca, pada saat hutan dibakar akan menghasilkan gas – gas rumah kaca yang tentu bisa meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Padahal pohon amat berguna karena bisa mengubah gas karbon menjadi oksigen yang bermanfaat bagi mahluk hidup di bumi.
  2. Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara yang berlebihan tak hanya memiliki dampak buruk pada kualitas udara tetapi bisa meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer seperti karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil.
  3. Pencemaran laut menjadi salah satu penyebab efek rumah kaca karena laut bisa menyerap karbon dioksida akan tetapi jika laut tercemar limbah maka tidak bisa menyerap karbon dioksida.
  4. Industri pertanian menjadi salah satu penyebab dari efek rumah kaca, dikarenakan industri pertanian besar yang menggunakan pupuk dalam jumlah banyak ini bisa melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfer.
  5. Industri peternakan  menghasilkan gas methane dan karbon yang sangat besar ke atmosfer

Baca juga : Pengertian, Jenis Dan Contoh Dari Kalimat Tunggal

Apabila efek rumah kaca dibiarkan begitu saja bumi akan menjadi semakin panas akibat dari panas bumi mencairkan es yang ada di kutub utara dan kutub selatan, dan apabila kutub mencair maka akan menyebabkan permukaan air laut menjadi semakin tinggi dan akan berdampak buruk terutama terciptanya gelombang tsunami yang dahsyat bagi seluruh wilayah dunia.

 Berikut ini adalah dampak negatif yang akan terjadi jika efek rumah kaca:

  1. Pemanasan Global : Pemanasan global ialah fenomena yang terjadi akibat meningkatnya suhu di permukaan bumi, hal ini tentu membahayakan seluruh ekosistem yang ada di bumi dan bisa membahayakan mahkluk yang ada di bumi.
  2. Es Di Kutub mencair :  terjadi karena kenaikan temperature yang terjadi dari tahun ke tahun dan diakibatkan oleh fenomena efek rumah kaca itu sendiri.
  3. Ketinggian Air Laut meningkat : Akibat es yang mencair di kutub Utara dan Selatan dengan itu air laut akan meninggi dan akan membahayakan populasi yang tinggal di sekitar pantai atau bencana Tsunami.
  4. Lapisan Ozon menipis : Gas yang dihasilkan dari fenomena efek rumah kaca yaitu nitrous oxide akan berdampak negatif karena akan  lapisan ozon menipis dan membuat sinar ultraviolet dari matahari menembus bumi dan akan berbahaya bagi makhluk hidup atau bencana kebakaran

Itulah pembelajaran mengenai Pengertian Efek Rumah Kaca, Proses, Beserta Contohnya yang sudah Admin bagikan. Semoga dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Putri TTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *