Pengertian Karangan Narasi, Ciri Ciri, Jenis, Beserta Contohnya

pakethpPengertian Karangan Narasi, Ciri Ciri, Jenis, Beserta Contohnya – Kali ini Admin akan membahas mengenai pelajaran Karangan Narasi. Untuk kalian yang belum tahu apa itu Karangan Narasi, kalian sudah dapat mengetahui nya sekarang nih. Karena pada ulasan ini Admin akan menjelaskan secara detail mengenai Pengertian Karangan Narasi, Ciri Ciri, Jenis, Beserta Contohnya.

Pengertian Karangan Narasi

Karangan Narasi adalah salah satu karangan yang menceritakn peristiwa dengan waktu yang jelas. Karangan narasi dibuat untuk menghibur si pembaca dengan menggunakan cerita yang dikemas secara menarik, baik itu bersifat fiksi mau pun non fiksi.

Untuk jenis karangan narasi dapat kalian temukan di karya sastra atau pun prosa seperti cerpen, novel, roman dan juga hikayat.

Baca juga : Pengertian Pemanasan Global ,Dampak, Akibat, Dan Proses

Ciri-Ciri Karangan Narasi

Berikut ini Admin akan menjelaskan beberapa Ciri-Ciri Karangan Narasi yang dapat kalian ketahui. Antara lain sebagai berikut.

  1. Memiliki isi berupa cerita atau pun peristiwa
  2. Karangan yang disampaikan isi yang berupa cerita secara kronologis atau pun runut.Isi karangan narasi ini sendiri biasanya seperti konflik yang terjadi di antara tokoh dengan tokoh lainnya atau pun konflik di antara tokoh itu sendiri.
  3. Karanan narasi memiliki unsure pembangun yaitu tema, setting, latar, tokoh dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Karangan Narasi

Selanjutnya ada Jenis – Jenis Karangan Narasi yang dapat kalian ketahui, antara lain sebagai berikut.

  • Karangan Narasi Ekspositoris
    Karangan narasi ekspositoris adalah salah satu jenis karangan narasi yang berisi mengenai informasi suatu kejadian yang diceritakan secara runtut.
  • Karangan Narasi Artistik 
    Karangan narasi artistic adalah salah satu jenis karangan narasi yang mempunyai tujuan untuk menghibur pembacanya dengan cerita – cerita yang menarik.
  • Karangan Narasi Sugestif 
    Karangan narasi sugestif adalah salah satu jenis karangan narasi yang mempunyai isi sebuah cerita yang memiliki unsure menghibur, selain itu ceritanya juga mempunyai pesan atau pun maksud terntentu yang ada di dalamnya.

Baca juga : Pengertian Efek Rumah Kaca, Proses, Beserta Contohnya

Contoh Karangan Narasi

Berikut ini Admin akan memberikan 2 contoh mengenai Karangan Narasi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh 1 Karangan Narasi Panjang

Pagi telah tiba, cahaya matahari mengintip dibaling gordenku. Nuni membuka mata dan melihat kearah jam dinding. Nuni terkejut jam 06.30 WIB. Nuni berlari kekamar mandi karena buru buru Nuni terpeleset dan kaki nya cedera.

Namun Nuni tetap memaksakan diri untuk mandi dan bersiap siap berangkat sekolah, setelah rapi Nuni turun kebawah untuk berangkat sekolah.

Tiba dibawah Nuni dipanggil mama dari arah dapur. Mama kaget kenapa Nuni menggunakan seragam sekolah, jawab Nuni, aku mau sekolah. Mama dan bibi dirumah tertawa terbahak bahak Nuni bingung, dengan lantang Mama bilang ini hari minggu. Ingin Nuni memaki diriku sendiri ku fikir ini hari senin.

Karena panik aku tak merasakan sakit dikaki Nuni, ketika Nuni akan berjalan masuk kearah dapur kaki Nuni yang cidera karena terjatuh saat tadi pagi sangat terasa ngilu, aku menjerit. Mama dan bibi yang masih menertawakan Nuni seketika berubah menjadi panik dan menghampiri aku.

Nuni dibawa duduk kesofa, setelah Nuni menceritakan kejadian tadi pagi Mama meminta bibi memijit kaki Nuni, karena bibi memang pandai memijit. Kaki sangat sakit saat dipijit dalam hati ini bukan dipijit ini diurut paksa. Tak terhitung berapa kali aku menjerit

Setelah tiga hari Nuni tidak masuk sekolah karena Nuni tidak bisa menaiki tangga sekolah, hari ini Nuni kembali masuk sekolah kaki sudah lumayan membaik, satu kelas teman Nuni menertawakan cerita dari kecerobohan nya. Sudahlah memang salahku ujar Nuni.

Hari berganti sekarang hari jumat dimana kelas Nuni ada mata pelajaran olahraga kali ini. Hari ini sudah dijadwalkan kelas Nuni akan mengambil nilai lari, karena kaki Nuni yang masih sakit Nuni tidak bisa ikut dan harus mengerjakan tugas ganti.

Dari sini Nuni belajar benar kecerobohan membuat Nuni sial berturut turut dan banyak menyusahkan orang lain. Dari sini Nuni belajar untuk lebih hati hati lagi dalam segala hal.

Contoh 2 Karangan Narasi Pendek

Pada Bulan Mei, tanggal 25 di sekolahku akan libur dan liburku akan berakhir tepat pada tanggal 5 Mei. Untuk itu kami sekeluarga akan berlibur. Aku memilih berlibur di Kota Clara. Di sepanjang perjalanan, di iringi dengan nyanyian lagu yang riang. Betapa senang aku saat sampai melihat pemandangan. Dengan pesona yang indah dan menawan . Kami sekeluarga mengabadikan momen foto bersama. Tidak terasa waktu cepat berlalu begitu sangat cepat. Saat beranjak sore aku sekelurga pulang kerumah. Aku ingin kembali lagi kesini esok ujarku dalam hati karena aku sungguh tidak rela untuk meninggalkan tempat indah ini.

Demikian lah ulasan singkat pembelajaran mengenai Pengertian Karangan Narasi, Ciri Ciri, Jenis, Beserta Contohnya yang sudah Admin bagikan. Semoga dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Putri TTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *