5 Tips Untuk Memastikan Keamanan Jaringan Wi-fi Publik

5 Tips Untuk Memastikan Keamanan Jaringan Wi-fi Publik

Pakethp.com – Jaringan Wi-Fi publik gratis tersedia di pusat perbelanjaan, bandara, restoran, kedai kopi, perpustakaan, transportasi umum, dan kamar hotel-apa pun yang Anda inginkan. Jaringan ini digunakan oleh jutaan orang setiap hari. Menurut survei ITRC baru-baru ini, tiga perempat responden mengatakan mereka menggunakan jaringan Wi-Fi publik gratis.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Wi-Fi publik gratis tidak aman. Meskipun Anda memerlukan kata sandi untuk login, bukan berarti aktivitas online Anda aman. Anda mungkin menyukai Wi-Fi publik, tetapi peretas juga menyukainya! Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Wi-Fi publik tanpa perlindungan yang memadai, pada dasarnya Anda mempertaruhkan identitas dan uang Anda.

Baca juga: Apk Hacker Dark, Begini Cara Menggunakan Hacker Dark Vip Apk

5 Tips Untuk Memastikan Keamanan Jaringan Wi-fi Publik

5 tips keamanan Menggunakan koneksi Jaringan Wi-Fi publik

Jika Anda tidak dapat menghindari jaringan Wi-Fi publik, Anda setidaknya harus memastikan bahwa mereka terlindungi dengan baik saat Anda menggunakannya. Untungnya, Anda dapat mengikuti beberapa tips berguna untuk memastikan keamanan jaringan Wi-Fi publik:

1. Verifikasi jaringan, konfigurasikan dan nonaktifkan berbagi

Ingat, peretas sangat pintar, jadi lebih baik berselancar dan bermain dengan cerdas. Baca nama jaringan dengan cermat dan tanyakan kepada staf bisnis apakah tautan tersebut legal. Anda juga dapat meminta alamat IP. Seperti disebutkan di atas, peretas sering membuat jaringan palsu, jadi harap verifikasi nama untuk menghindari menjadi korban.

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan, apakah Anda benar-benar perlu mengaktifkan preferensi berbagi saat terhubung ke Internet publik? tentu saja tidak! Oleh karena itu, setelah memverifikasi jaringan, segera matikan opsi berbagi file. Tergantung pada sistem operasi Anda, berbagi file biasanya mudah dimatikan dari preferensi sistem atau panel kontrol.

2. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah pilihan teraman untuk berselancar di jaringan publik. Ini adalah salah satu alat paling berguna untuk membantu orang menjaga keamanan informasi saat masuk ke jaringan publik.

VPN mengenkripsi lalu lintas data Anda dan bertindak sebagai terowongan yang dilindungi antara klien (browser) dan server. Semua data yang melewati terowongan tidak terlihat oleh peretas, dan mereka tidak akan dapat mengakses informasi dan aktivitas Anda secara online.

3. Gunakan HTTPS

Jika Anda tidak memiliki akses ke VPN, memastikan bahwa Anda hanya mengakses situs terenkripsi juga akan membantu melindungi data Anda dari beberapa ancaman yang disebutkan di atas.

Cari HTTPS di awal alamat situs web. Ini berarti bahwa koneksi antara browser dan server web dienkripsi, sehingga data apa pun yang dikirim ke situs web tidak dapat disadap atau dirusak. Sebagian besar browser juga menyertakan simbol gembok di awal alamat untuk menunjukkan bahwa situs tersebut menggunakan enkripsi.

4. Tetap nyalakan firewall

Mengaktifkan firewall dapat mencegah peretas dari akses eksternal yang tidak sah ke sistem Anda. Firewall tidak akan memberikan perlindungan lengkap, tetapi itu adalah pengaturan yang harus selalu diaktifkan.

Firewall juga bertindak sebagai penghalang, melindungi perangkat Anda dari ancaman malware berbasis data. Ini secara aktif memonitor paket data dari jaringan dan memeriksa apakah paket data aman. Jika Anda melihat paket berbahaya, itu akan diblokir oleh firewall. Dengan memblokir jenis data tertentu, firewall dapat melindungi komputer atau jaringan Anda dan melindungi data Anda dari serangan.

5. Gunakan perangkat lunak anti-virus

Perangkat lunak antivirus dapat mendeteksi perangkat lunak berbahaya yang mungkin masuk ke sistem Anda saat menggunakan jaringan bersama, sehingga melindungi Anda saat menggunakan Wi-Fi publik. Selalu pastikan untuk menggunakan versi terbaru dari program antivirus yang diinstal pada perangkat. Jika ada virus yang diketahui dimuat di perangkat Anda, atau aktivitas mencurigakan, serangan berbahaya, atau malware memasuki sistem Anda melalui jaringan, peringatan akan ditampilkan.

Kiat penting lainnya untuk tetap aman di jaringan Wi-Fi publik

Selain tips yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa tips yang disarankan untuk memastikan keamanan sistem Anda di Wi-Fi publik:

  • Selalu matikan koneksi otomatis.
  • Selalu gunakan otentikasi 2 faktor-jadi meskipun peretas memiliki nama pengguna dan kata sandi Anda, mereka tetap tidak dapat mengakses akun Anda.
  • Setelah menggunakan Wi-Fi publik, pastikan untuk memeriksa jaringan lupa.
  • Jangan melakukan transaksi keuangan melalui jaringan publik.
  • Dan yang paling penting! Daripada menggunakan jaringan yang tidak aman ini, gunakan smartphone Anda sebagai hotspot.

Kesimpulan

Keamanan digital itu penting, dan kita perlu memahami risiko Wi-Fi publik. Ini mencegah pengguna Internet dan orang yang kita cintai menjadi korban pencurian data. Kiat-kiat ini sederhana, mudah, dan relatif murah, dan dapat melindungi Anda dari penjahat dunia maya di tempat umum mana pun.

You May Also Like

About the Author: pakethp

PaketHP List Mengenai Hal Baru adalah blog yang menyajikan beragam list terbaru yang berhubungan dengan dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *