Mencegah Kebocoran Data, Segera Lakukan Hal Ini

Mencegah Kebocoran Data, Segera Lakukan Hal Ini Untuk

Pakethp.com – Cara Mencegah Kebocoran Data. Saat ini kebocoran data kembali terjadi. Masyarakat sedang heboh dengan kabar bahwa data yang sumbernya dari BPJS kesehatan bocor, data tersebut milik 279 juta masyarakat yang tinggal di negara Indonesia.

Kasus bocornya data ini memang cukup sering terjadi. baru-baru ini juga kebocoran data dialami oleh beberapa kampus negeri yang ada di Indonesia, diantaranya ada UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Diponegoro semarang.

Dengan terjadinya hal ini tentu saja Anda jadi pihak yang ikut dirugikan juga karena Anda perlu mengamankan beberapa akun yang Anda miliki. Jika hal tersebut terjadi Anda bisa lakukan hal ini untuk antisipasi.

Segera Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Kebocoran Data

Cara Mengatasi Kebocoran Data

Mencegah Kebocoran Data – Ganti Password

Mengganti password saat Anda mengalami kebocoran data merupakan hal yang paling penting. Dengan segera Anda harus menganti password dari akun yang datanya bocor. Tapi untuk lebih aman lagi sebaiknya Anda ganti semua password untuk akun yang Anda miliki.

Kenapa hal tersebut wajib And lakukan? Karena biasanya beberapa orang memiliki password yang sama, jadi nanti pembobol akun akan mencoba untuk menggunakan akun Anda yang lainnya.

Supaya password yang Anda buat lebih kuat sebaiknya Anda gunakan kombinasi dengan angka dan juga huruf, untuk hurufnya kombinasikan huruf kecil serta huruf besar. Untuk jadi lebih aman Anda bisa menambahkan symbol untuk password yang baru.

Mencegah Kebocoran Data – Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Two-step verification adalah hal yang selanjutnya Anda harus lakukan. Jika Anda mengaktifkan fitur yang satu ini jadi aka nada verifikasi dua langkah saat Anda ingin masuk kea kun Anda.

Jika mengaktifkan fitur ini Anda akan mendapatkan notifikasi yang isinya pin yang nanti harus Anda input saat Anda membuka akun, jadi akan lebih aman kan. Cara yang satu ini sangat ampuh untuk mengontrol akun Anda jika sudah terjadi pembobolan.

Beberapa media sosial saat ini sudah memiliki fitur two-step verification, karena fiturnya sudah ada jadi sebaiknya Anda manfaatkan sebaik mungkin. Pastikan Anda aktifkan fitur yang satu ini untuk semua akun yang Anda miliki ya.

Mencegah Kebocoran Data – Password Manager

Setiap orang pastinya memiliki banyak akun, dan aku tersebut bisa saja memiliki password yang beda-beda. Hal ini pastinya akan membuat Anda lupa untuk mengingat paswordnya satu persatu.

Saat Anda gunakan aplikasi password manager, aplikasi yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengatur password yang Anda inginkan untuk beberapa akun yang Anda miliki.

Dengan adanya teknologi ini akan membuat anda menjadi lebih tenang karena password yang sudah Anda uat tidak akan tertukar atau hal buruknya adalah lupa. Saat memilih password manager , jangan lupa pilih yang sudah pasti legal karena hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan Anda.

Sebelum semua hal tersebut terjadi alangkah baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan kan? Ini dia beberapa langkah pencegahan yang dapat Ansa ikuti supaya data Anda tidak bocor.

Tindakan yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Kebocoran Data

1. Mencegah Kebocoran Data – Jangan Klik Tautan di Email

Saat peretas ingin mencuri data biasanya trik yang mereka gunakan adalah dengan mengirimkan link yang isinya malware untuk menipu Anda. Jadi saat Anda dapat email yang cukup mencurigakan sebaiknya jangan di klik linknya.

2. Mencegah Kebocoran Data – Hapus File Lama

Saat anda memiliki reflikasi data sebaiknya simpan seminimal mungkin ya. Sangat disarankan juga untuk mengapus file yang sudah lama dan tidak Anda gunakan.

Karena memang keamanan dunia maya ini sangatlah rawan, Anda tidak mungkin aman 100% pasti akan selalu ada celah dimana para pencuri data bisa mencuri data milik Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan hal itu karena bisa sedikit mengurangi resiko.

3. Mencegah Kebocoran Data – Minimalkan Jumlah Data Pribadi di Media Sosial

Saat Anda memiliki akun di media social sebaiknya isi seminimal mungkinya data pribadi Anda, karena media social ini adalah tempat yang cukup terbuka untuk para hacker mencuri data sesuka hati.

4. Enkripsi Data

Sebaiknya anda selalu Enkripsi kan data apa pun yang Anda miliki di di hard drive. Kemudian saat Anda ingin mengirimkan file file pribadi juga gunakanlah aplikasi seperti telegram untuk melindungi data Anda dicuri.

Temukan berbagai info menarik lainnya disini.

You May Also Like

About the Author: pakethp url

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *