Mengaktifkan Windows Defender Mudah, Ikuti Langkah Berikut

Mengaktifkan Windows Defender Mudah, Ikuti Langkah Berikut

Pakethp.com – Mengaktifkan Windows Defender . Saat memiliki laptop atau juga komputer pastinya Anda ingin barang tersebut bertahan lama kan? Untuk mewujudkan hal ini Anda perlu melindungi laptop atau komputer Anda dengan antivirus.

Pilihan antivirus untuk laptop ini sangat macamnya, dari mulai antivirus yang berbayar sampai dengan antivirus yang gratis. Tapi jika Anda memiliki laptop bawaan yang menggunakan sistem operasi Windows, Anda ini sudah mendapatkan Antivirus bawaan yaitu Windows Defender.

Fungsi dari antivirus ini adalah untuk mengurangi proses booting yang lama pada laptop Anda. Kehadiran Windows Defender in tentunya sangat menguntukngkan. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihann yang bisa Anda dapatkan, untuk informasi lebih lanjut simak terus pembahasan yang akan Pakethp berikan untuk Anda.

Baca juga: Emulator iOS Terbaik 2021 Untuk PC Windows 10 Atau Mac

Mengaktifkan Windows Defender Mudah, Ikuti Langkah Berikut

Mengaktifkan Windows Defender – Apa Itu Windows Defender?

Pengertian dari Windows Defender yaitu sebuah antivirus yang si luncurkan secara resmi untuk windows versi ke 8. Walaupun antivirus yang satu ini termasuk baru, tapi antivirus ini selalu melakukan inovasi supaya para penggunanya puas dengan fasilitas yang diberikan.

Terdapat beberapa virus yang tidak bisa anda deteksi dengan mudah, jadi Anda ini perlu melakukan scan secara manual supaya tau keberadaan virus tersebut. tapi kehadiran dari Windows Defender membuat Anda tidak perlu melakukan scanning secara manual lagi.

Antivirus yang satu ini memiliki sebuah fitur yang dapat mendeteksi virus secara langsung. Cara kerja dari antivirus ini yaitu dia akan bekerja secara langsung saat melihat file yang mencurigakan. Saat diketahui file tersebut mencurigakan Anda akan dikirimkan sebuah notifikasi supaya bisa segera menghapusnya.

Jadi jika Anda sudah mengaktifkan Windows Defender Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan. Tapi jika memang kamu ingin tetap menginstal antivirus yang lain tetap tidak jadi masalah.Hal yang perlu Anda ingat mungkin ada beberapa antivirus yang bisa crush, jadi sebaiknya dihindari saja ya.

2 Cara Mengaktifkan Windows Defender

Melalui Pengaturan

Cara mudah untuk mengaktifkan Windows Defender yaitu dengan menggunakan menu pengaturan, yuk simak langkah – langkahnya:

  • Buka start kemudian carilah gambar yang bentuknya seperti gear biasanya ada di taskbar. Setelah Anda menemukannya tinggal klik ikon tersebut lalu menu setting pun akan terbuka secara otomatis.
  • Maka selanjutnya akan muncul dashboard yang berisi pengaturan windows. Scroll hingga bagian kanan paling bawah dan cari tulisan Update & Security.
  • Klik menu yang muncul.
  • Langkah selanjutnya pilih Windows Security yang memiliki bentuk perisai. Setelah itu cari tulisan Virus & Threat Protection
  • Saat sudah masuk ke Virus & Threat Protection, kemudian cari kembali tulisan Virus & Threat Protection Setting.
  • Klik manage setting.
  • Setelah itu Anda bisa mengaktifkan langsung Virus & Threat Protection Setting hanya dengan menggeser pengaturan On/ Offnya.

Melalui Group Policy Editor

Sebelum Anda mencoba cara yang satu ini pastikan laptop Anda sudah menggunakan Windows 10 Pro dan Windows 10 Edisi Enterprise , karena fitur ini hanya ada pada windows tersebut.

Jadi jika Anda masi belum menggunakan Windows 10 Pro dan Windows 10 Edisi Enterprise Anda bisa menggunakan cara pengaturan sebelumnya. Ini dia langkah untuk mengaktifkan Windows Defender dengan menggunakan Group Policy Editor.

  • Buka editor Group Policy Editor, kemudian ketik group policy di kotak yang biasa digunakan untuk pencarian. Jika sudah dicari dengan benar Anda bisa melihat menu ini secara otomatis.
  • Klik enter
  • Langkah cepatnya Anda bisa menggunakan pintasan keyboard dengan cara klik Win + R kemudian ketik “gpedit.msc”
  • Tinggal klik OK
  • Pada saat Local Group Policy Editor muncul, pilih Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Defender> Real-Time Protection.
  • Lihatlah bagian kanan jendela kemudian pilih Turn Off Real-Time Protection.
  • Klik dua kali supaya jendela pengaturannya bisa terbuka.
  • Anda tinggal klik Not Configured supaya Anda bisa mengaktifkan lagi Real-Time Protection.
  • Tinggal klik Apply, lalu selesai.

Nah itu dia beberapa pembahasan yang bisa Pakethp bahas mengenai Windows Definder, semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang berikutnya ya. Terimakasih yang sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga Anda selalu diberi kesehatan.

You May Also Like

About the Author: pakethp

PaketHP List Mengenai Hal Baru adalah blog yang menyajikan beragam list terbaru yang berhubungan dengan dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *