Pengertian, Jenis Dan Contoh Dari Kalimat Tunggal

Pakethp.comPengertian, Jenis Dan Contoh Dari Kalimat Tunggal – Seperti yang kita ketahui bahwa kalimat merupakan sekumpulan kata atau frasa yang tersusun atau terpola. Kalimat dalam bahasa indonesia sendiri dapat tergolong menjadi dua pola kalimat, yaitu kalimat dengan pola tunggal dan kalimat dengan pola majemuk. Nah pada ulasan admin akan menjelaskan tentang kalimat tunggal.

Dan untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan kalian simak penjelasnya berikut ini.

Pengertian Kalimat Tunggal

Kalimat tunggal merupakan kalimat yang tersusun atas satu pola yaitu subjek, predikat, objek dan dapat juga dilengkapi dengan keterangan. Kalimat tunggal juga sering disebut dengan kalimat sederhana. Kalimat tunggal tidak memiliki kata hubung. 

Kalimat tunggal juga biasa disebut dengan kalimat sederhana atau kalimat simpleks. Dengan pola kalimat yang seperti itu, maka kalimat ini hanya mengandung satu informasi inti dan tidak memiliki anak kalimat. Seperti contoh berikut:

  1. Andi sedang berjalan ke kamar tidurnya
  2. Kakak lilis sedang belajar
  3. Pak Andi sedang makan soto ayam

Itu beberapa contoh kalimat dengan pola tunggal sederhana. Namun ada saatnya kalimat-kalimat tersebut dapat diperluas dengan menambahkan keterangan. Seperti contohnya sebagai berikut ini.

  1. Andi sedang bermain sepak bola di lapangan sekolah
  2. Kemarin ayah mengunjungi paman di rumah sakit
  3. Hari ini ibu tidak pergi ke pasar

Lawan dari kalimat ini adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola atau disebut juga dengan kalimat majemuk. Kalimat dengan pola tunggal memiliki beberapa ciri-ciri. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya, diawali dengan huruf Kapital
  2. Hanya menjelaskan satu peristiwa pokok saja.
  3. Tidak pernah menggunakan kata sambung (konjungsi)
  4. Di dalam kalimatnya tidak menggunakan tanda baca koma (,)
  5. Hanya memiliki satu struktur kalimat yaitu subjek, predikat, objek dan atau keterangan. Jika lebih dari satu struktur tersebut maka dapat dikatakan sebagai kalimat majemuk.

Jenis- jenis dan Contoh Dari Kalimat Tunggal

Ada beberapa jenis kalimat dengan pola tunggal, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kalimat Nominal

Kalimat nominal adalah kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya ialah kata benda (nominal). Contoh nya seperti, Ibuku seorang petani. Subjeknya adalah ibu dan predikatnya adalah seorang petani (nominal). Di bawah ini adalah contoh lainnya:

  • Adikku Lisa adalah seorang anak yang rajin
  • Andi adalah seorang murid di MTS 2 Cirebon
  • Cincin itu merupakan barang antik peninggalan kakek
  • Suara tadi adalah suara ayam jantan
  • Orang di balik topeng itu adalah Andi
  1. Kalimat Adjektiva

Kalimat adjektiva merupakan kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya ialah kata sifat (adjektif). Contoh seperti pada kalimat, Andi sangat baik kepada orang tua. Subjeknya adalah Andi dan predikatnya adalah sangat baik (adjektif) sedangkan kata “pada orang tua” merupakan keterangannya. Contoh lain sebagai berikut:

  • Toni adalah anak yang bandel
  • Arif merupakan anak yang pemaaf
  • Rumah Andi sangat luas
  • Rumah itu kecil sekali
  1. Kalimat Numerial

Kalimat numerial merupakan kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya berupa kata bilangan. Contohnya seperti pada kalimat, sekolah itu sudah berumur ratusan tahun. Subjeknya adalah sekolah dan predikatnya adalah berumur ratusan tahun. Contoh lainnya seperti:

  • Butuh perjalanan berhari-hari agar bisa sampai ke sana
  • Waktunya 30 menit untuk menyelesaikan tugas
  1. Kalimat Verbal

Kalimat verbal merupakan kalimat dengan pola tunggal yang perdikatnya ialah kata kerja (verba). Seperti kalimat, Andi mengambil kue di atas meja. Subjeknya adalah Andi dan predikatnya adalah mengambil sedangkan kata “kue” merupakan objek dan kata “di atas meja” merupakan keterangan. Contoh lainnya seperti:

  • Adik berlari dengan sangat kencang
  • Ibu pergi ke pasar
  • Toni sedang membuat kue Tart
  • Buaya sedang mengincar mangsanya
  • Mobil itu melaju dengan sangat lambat
  1. Kalimat Prepositional

Kalimat prepositional merupakan kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya berupa kata depan (preposisi). Seperti kalimat, map itu di atas meja kerja ibu. Subjeknya adalah map itu dan predikatnya adalah di atas sedangkan kata “meja kerja ibu” merupakan keterangan. Contoh lainnya seperti:

  • Siswa baru itu berasal dari kota Cirebon
  • Andi ke rumah Toni sore ini
  • Buku itu ada di atas meja perpustakaan

Demikianlah ulasan-ulasan singkat yang admin bagikan mengenai kalimat tunggal berikut dengan jenis dan berserta contoh nya. Semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Krisna W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *