Pengertian Konjungsi Kronologis, Jenis dan Contohnya

pakethpPengertian Konjungsi Kronologis, Jenis dan Contohnya – Ulasan kali ini Admin akan menjelaskan mengenai Pengertian Konjungsi Kronologis, Jenis dan Contohnya. Untuk kalian yang tidak tahu apa itu Konjungsi Kronologis, kalian bisa simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologi ialah salah satu jenis konjungsi yang mempunyai fungsi untuk menjadi penghubung dua klausa atau lebih. Tetapi perbedaannya yaitu konjungsi kronologis yang digambarkan urutan waktu suatu peristiwa yang ada dalam kalimat yang sudah dijelaskan.

Konjungsi kronologis adalah salah satu jenis konjungsi, kamu pasti sudah tahu apa yang dimaksud konjungsi? Konjungsi itu sendiri ialah kata penghubung atau kata sambung. Fungsi tersebut untuk menghubungkan suatu antar klausa, antar kalimat bahkan antar paragraf.

Kata konjungsi itu berada di tengah kalimat, atau  di antara induk kalimat dengan anak kalimat tersebut. Tetapi kata konjungsi juga bisa di posisikan di suatu awal kalimat yang disebut juga konjungsi antar kalimat. Sementara itu konjungsi antar paragraf berada di awal paragraf.

Baca juga : Contoh Sinonim, Persamaan Kata atau Padanan Kata

Jenis–jenis Konjungsi

Konjungsi sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis, selain konjungsi kronologis berikut ini adalah jenis-jenis konjungsi yang juga wajib untuk sahabat belajar ketahui :

1.)  Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif yaitu konjungsi yang disusun dengan dua kalimat dan lebih yang memilili kedudukan yang setara atau sederajat.

2.) Konjungsi Subordinatif

Konjungsi subordinatif tersebut yaitu menyatukan dua unsur klausa yang mempunyai kedudukan tidak sama atau tidak seimbang, maka dari itu  kedudukan klausa yaitu sebagai klausa utama dan lebih tinggi dibandingkan dengan klausa ke kedua yang manjadikan klausa bawah atau lebih rendah dari kalimat utama itu sendiri.

3.) Konjungsi korelatif

Konjungsi korelatif adalah konjungsi yang telah bersatu padukan dua kata, frase atau klausa dan hubungan kedua unsur tersebut mempunyai derajat yang sama. Hubungan tersebut pada biasanya dapat dijelaskan dengan memakai konjungsi.

4.) Konjungsi Antarkalimat

Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi yang dipergunakan sebagai suatu penghubung antar kalimat. Konjungsi tersebut diawali dengan kalimat baru dan menggunakan huruf kapital atau huruf besar karena berada di awal kalimat.

5.) Konjungsi Antarparagraf

Konjungsi antar paragraf pada awalnya diawali dengan suatu paragraf yang berhubungan dengan paragraf sebelumnya yang di berdasarkan pada kandungan makna di paragraf sebelum.

Tapi untuk kali ini, kita hanya akan fokus membahas konjungsi kronologis, berikut ini ulasan lengkap hingga contohnya.

Ciri-ciri Konjungsi Kronologis

konjungsi memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda, termasuk konjungsi kronologi. Berikut adalah ciri-ciri konjungsi kronologis diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penyambungan kata agar menjadi kalimat sempurna dengan makna yang mudah untuk  dimengerti.
  • Menghubungkan kata induk kalimat dengan anak kalimat.
  • Dipergunakan tanda baca tambahan seperi koma ( , )
  • Mempunyai keterangan waktu, sebab akibat dan tempat.

Baca juga : Pengertian Anafora Dan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Contoh Kata Konjungsi Kronologis

Dalam Kata konjungsi kronologi ada beberapa kata penghubung dan kata lain yang dapat dipergunakan tidak hanya sebagai penghubung kata dan kalimat, tetapi juga dapat dipergunakan untuk mengurutkan waktu, suatu kejadian dan peristiwa yang ada dalam kandungan kalimat itu sendiri.

Berikut beberapa contoh kata konjungsi kronologi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lalu
  • Sejak itu
  • Sementara itu
  • Pada akhirnya
  • Kemudian

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Konjungsi Kronologis

Kami akan membuat contoh kalimat menggunakan kata konjungsi kronologi di atas. Simak contoh kalimatnya di bawah ini :

  • Aku baru saja sampai di lokasi kejadian lalu abang menyeretku untuk bersembunyi karena dia telah melihat hal yang aneh di lokasi kejadian.
  • Rina pernah tenggelam di kolam sejak itu dan dia tidak berani berenang dan tidak mendekati tempat yang dipenuhi banyak air seperti laut.
  • Setiap hari aku berangkat ke sekolah dengan mobil mewah dan Sementara itu mereka pergi ke sekolah dengan berjalan kaki
  • Karena sudah terlalu lama menahan rasa sakit dan pada akhirnya dia mengungkapkan semua kekesalannya pada kekasihnya.
  • Aku berlari terbirit – birit ketika makhluk tersebut masuk ke dalam lorong, kemudian mencari jalan keluar supaya terhindar dari makhluk tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Konjungsi Kronologis, Jenis dan Contohnya yang sudah Admin jelaskan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Putri TTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *