Pengertian, Medan Dan Gaya Serta Sifat Dari Magnet

Pakethp.comPengertian, Medan Dan Gaya Serta Sifat Dari Magnet – Kalian pastinya sudah pernah melihat magnetkan , atau bahkan sering menggunakan magnet untuk membantu pekerjaan kalian. Tetapi kalian pasti hanya tahu bentuknya saja namun tidak tahu semuanya tentang magnet, maka dari itu admin akan mengulas secara lengkap mengenai magnet di bawah ini.

Pengertian Magnet

Magnet atau jika dalam penyebutannya magnit merupakan suatu objek yang memiliki sutau medan yang disebut dengan megan magnet. Wajib untuk kamu tahu, jika kata magnet atau magnit ini berasal dari sebuah kata yang diambil dari bahasa Yunani. Yaitu tepatnya berasal dari kata magnítis líthos. Artinya sendiri adalah medan magnet.

Magnet sendiri pasti mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan juga kutub selatan yang merupakan ciri utama dari magnet, karena jika tidak memilikinya maka tidak bisa dianggap sebagai magnet.

Apabila satu magnet dengan kutub utara dan kutub selatan dipotong, maka magnet tersebut akan tetap memiliki magnet dua kutub yakni kutub utara dan juga kutub selatan.

Kutub pada magnet ini sendiri memiliki sifat yang unik, yang mana jika sama kutubnya maka akan saling tolak menolak pada saat didekatkan, misalnya pada kutub selatan dan kutub selatan yang didekatkan. Sedangkan jika kedua magnet berbeda misalnya kutub utara dan kutub selatan didekatkan maka dapat membuat magnet saling tarik menarik.

Selain itu kutub magnet juga bisa digunakan untuk menarik benda-benda yang mengandung logam. Selain itu jika berdasarkan pada sifat kemagnetannya, benda yang bisa ditarik oleh magnet dikelompokkan ke dalam dua jenis yang berbeda, seperti di bawah ini :

1.) Benda Magnetik (Feromagnetik)

Benda ini adalah benda yang bisa ditarik dengan menggunakan magnet yang cukup besar dan kuat, misalnya saja besi, kobalt, nikel dan baja.

2.) Benda bukan Magnetik (non magnetik)

Benda berikut ini dianggap tidak memiliki sifat kemagnetan akan tetapi dapat ditarik dengan menggunakan magnet. Terdapat dua jenis pada benda bukan magnetik, berikut penjelasannya.

1. Paramagnet

benda ini merupakan benda yang hanya bisa ditarik sedikit oleh gaya magnet yang kuat. Contohnya seperti alumunium, tembaga dan platina.

2. Diamagnetik

diamagnetic adalah sebuah benda yang tidak bisa ditarik dengan menggunakan magnet yang kuat. Contohnya : merkuri, seng, bismuth dan emas.

Baca juga: Arti Dan Makna Dari Mimpi Ulang Tahun, Cek Disini

Medan Magnet

Nah, sudah tahu kana pa itu magnet, sekarang kita akan mencari tahu, apa sih medan magnet itu. Jika dilihat dari ilmu Fisika medan magnet sendiri merupakan salah satu medan yang terbentuk dengan adanya pergerakan yang mempunyai muatan arus listrik.

Pergerakan tersebut dapat menyebabkan munculnya gaya yang ada pada muatan listrik yang dapat memunculkan gaya sehingga bisa membuat benda lain bergerak.

Disebutkan sebuah medan magnet merupakan sebuah medan vektor atau memiliki hubungan dengan setiap titik yang terdapat di dalam ruang vektor yang bisa berubah menurut waktu. Arah dari sebuah medan magnet seimbang dengan arah dari jarum kompas.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika magnet mempunyai dua kutub. Kedua kutubnya ini yakni kutub utara dan kutub selatan. Kedua kutub ini juga bisa dinyatakan dengan menggunakan sebuah simbil yaitu – dan +.

Jika magnet dengan kutub + bertemu dengan kutub – maka akan tercipta gaya tarik menarik (kutub berbeda).

Namun jika magnet dengan kutub – bertemu dengan kutub – atau sebaliknya magnet dengan kutub + bertemu dengan kutub + maka akan terjadi gaya tolak menolak (kutub sama).

Gaya Magnet

Apa itu gaya magnet? Gaya magnet sendiri adalah sebuah gaya yang dapat terjadi atau ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan yang terjadi karena adanya magnet. Magnet sendiri memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari magnet batang, magnet jarum, magnet U, magnet silinder hingga magnet ladam atau lebih dikenal dengan nama magnet tapal kuda.

Sifat – Sifat Magnet

Magnet sendiri memiliki beberapa sifat yang merupakan ciri khas atau ciri utama yang hanya dimiliki oleh magnet, apa saja sifat sifat yang dimiliki oleh magne? Berikut ini ulasannya.

  1. Magnet bisa digunakan sebagai penunjuk arah atau kompas.
  2. Magnet dapat menarik benda yang memiliki sifat logam seperti besi dan lain sebagainya.
  3. Magnet mempunyai kemampuan menembus benda untuk memberikan tarikan. Semakin kuat gaya magnet yang dimiliki maka akan semakin kuat pula gaya tarikan yang diberikannya.
  4. Magnet mempunya dua kutub yang disebut dengan kutub utara dan kutub selatan, selain itu kutub magnet juga bisa disimbolkan dengan – dan +.
  5. Apabila kutub utara bertemu dengan kutub selatan (berbeda kutub) maka akan memberikan gaya tarik menarik, namun jika dua kutub yang sama seperti kutub selatan bertemu dengan kutub selatan atau sebaliknya (kutub sama) maka akan terjadi gaya saling tolak menolak.

Demikian ulasan ini mengenai magnet secara lengkap mulai dari pengertian, medan magnet, gaya dan sifat nya. Semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat buat kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, sekian dan terima kasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Krisna W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *