Pengertian, Sejarah Radioaktif Berserta Manfaat Dan efeknya

Paket.com Pengertian, Sejarah Radioaktif Berserta Manfaat Dan Dampaknya – Radioaktivitas atau radioaktif mengacu pada partikel yang dipancarkan dari inti sebagai akibat dari tidak stabilnya nuklir. Karena inti atom mengalami konflik yang sangat intens dari antara dua gaya terkuat di alam, maka tidak mengherankan jika terdapat banyak isotop nuklir yang tidak stabil dan mengeluarkan semacam radiasi.

Inti atom yang tidak stabil akan secara langsung terurai membentuk inti dengan stabilitas yang lebih tinggi. Proses dekomposisi yang disebut radioaktivitas. Energi dan partikel yang dilepaskan selama proses dekomposisi bisa disebut radiasi. Ketika inti atom yang tidak stabil terurai di alam, maka proses ini disebut sebagai radioaktivitas alami. Maka inti yang tidak stabil disiapkan di laboratorium, dan penguraian-nya disebut radioaktivitas terinduksi.

Pengertian Radioaktif

Radioaktif adalah sebuah atom radioaktif yang mengandung energi yang terus mengalir secara langsung sebagai partikel sub-atomik energi elektromagnetik. Emisi disebut juga radiasi. Bahan radiokatif ada secara alami dari bumi yang menjadi alasan mengapa bagiana dalam bumi hangat yang telah diproduksi terus menerus di atmosfer oleh sinar kosmik.Sehingga manusia membuat bahan radioaktif dengan menyebabkan reaksi nuklir dan pemercepat partikel

Ada beberapa bahan radioaktif mengeluarkan energi dengan cepat, dan yang lainnya .mencurahkannya secara perlahan, Jalur pelepasan energi di kuantifikasi melalui waktu paruh material yang merupakan waktu secara separuh atom pada awalnya hanya melepaskan energinya. contohnya jika kalian memulai dengan 100 atom radiaktif dengan waktu paruh 1 menit, 50 atom lainya diantaranya akan memancarkan energi setelah 1 menit. Dan setelah 2 menit tersisa 25 menit dan seterusnya juga seperti itu.

Seperti yang diterapkan pada energi nuklir, banyak bahan yang dibuat selama menjalankan reaktor bersifat radioaktif. Saat bahan itu membusuk, mereka akan memancarkan radiasi. Sebab Energi yang dibawa oleh radiasi ini seringkali cukup untuk menyebabkan kerusakan pada sel-sel biologis dan oleh karena itu menimbulkan risiko kesehatan. Sehingga, radiasi adalah penyebab utama limbah dan masalah keamanan yang terkait dengan energi nuklir.

Sejarah Radioaktif

Radioaktif pertama kali ditemukan pada tahun 1896 oleh seorang ilmuwan Prancis, yaitu Henri Becquerel, saat ia sedang bekerja dengan bahan berpendar. Bahan-bahan ini bersinar dalam gelap setelah terpapar cahaya, dan dia menduga bahwa pancaran yang dihasilkan dalam tabung sinar katoda oleh sinar-X mungkin terkait dengan pendarnya.

Becquerel telah membungkus pelat foto dengan kertas hitam dan menempatkan berbagai garam berkunang-kunang di atasnya. Semua hasil negatif sampai dia menggunakan garam uranium. Garam uranium menyebabkan pelat menghitam walaupun pelat tersebut dibungkus dengan kertas hitam. Radiasi ini diberi nama “Becquerel Rays”.

Manfaat Radioakti

Sinar radioaktif yang digunakan oleh semua bidang

1. Bidang Kedokteran

Penggunaan zat radioaktif berguna untuk bidang kesehatan karena sudah sangat banyak, dan sudah berjuta orang di dunia ini yang selamat karena pemanfaatan radioaktif ini. Contoh seperti sinar X untuk penghancur tumor pada tubuh atau untuk foto tulang. Berdasarkan beberapa radiasinya:

  • Sterilisasi radiasi

Radiasi dalam dosis tertentu yang dapat mematikan mikro organisme sehingga dapat digunakan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran. Sterilisasi dengan radiasi yang mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan sterilisasi konvensional (yang menggunakan bahan kimia), yakni:

  1. Sterilisasi radiasi yang lebih sempurna dalam mematikan mikro organisme pada sel.
  2. Sterilisasi radiasi tidak akan meninggalkan residu bahan kimia yang merusak sel
  3. Karena pada saat zat radioaktif setelah selesai dibuat makan di kemas dulu baru disterilkan maka alat tersebut tidak mungkin tercemar bakteri lagi sampai kemasan itu dibuka. Berbeda dengan cara konvensional, yaitu di sterilkan terlebih dulu baru di kemas, maka dalam proses pengemasan masih ada kemungkinan terkena bibit penyakit saat proses pengemasan tersebut.
  • Terapi tumor atau kanker

Berbagai jenis tumor atau kanker bisa di terapi dengan radiasi sinarx. Sebenarnya, sel normal maupun sel kanker dapat dirusak oleh radiasi tetapi sel kanker atau tumor ternyata lebih sensitif (lebih mudah rusak).

Oleh karena itu, sel kanker atau tumor dapat mati dengan mengarahkan radiasi secara tepat pada sel-sel kanker tersebut. Sehingga dapat menyembuhkan sel kanker pada tubuh manusia

  • Penentuan Rapatnya Tulang Dengan Bone Densitometer

Pengukuran rapatnya tulang dilakukan dengan cara menyinari tulang dengan radiasi gamma atau sinar-X. Berdasarkan banyaknya radiasi gamma atau sinar-X yang akan diserap oleh tulang yang akan diperiksa maka dapat ditentukan konsentrasi mineral kalsium dalam tulang. Perhitungan dilakukan oleh komputer yang dipasang pada alat bone densitometer tersebut. Teknik ini bermanfaat untuk membantu mendiagnosis keropos tulang (osteoporosis) yang sering menyerang wanita pada usia menopause (mati haid).

2. Bidang Hidrologi

  • Kalian dapat mempelajari kecepatan pada aliran sungai
  • Kalian dapat menyelidiki kebocoran pipa air bawah tanah.

3. Bidang Biologis

  • Kalian dapat Mempelajari keseimbangan dinamis
  • Kalian dapat Mempelajari reaksi esterifikasi
  • Kalian juga dapat Mempelajari mekanisme reaksi fotosintesis pada daun

4. Bidang pertanian

  • Pada bidang pertanian Pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul, contoh sperti : Hama kubis
  • Dan Pemulihan tanaman atau pembentukan bibit unggul, contoh seperti : Padi
  • Dan juga pada penyimpanan makanan sehingga tidak dapat bertunas, contoh seperti : kentang dan bawang.

5. Bidang Industri

  • Radioaktif juga digunakan pada bidang industri saat kalian sedang melakukan Pemeriksaan tanpa merusak, contoh seperti : Memeriksa cacat pada logam
  • Radioaktif dapat mengontrol ketebalan bahan, contoh seperti : Kertas film, lempeng logam
  • Pada pengawetan bahan, contoh seperti : kayu, barang-barang seni
  • Meningkatkan mutu tekstil, contoh seperti : mengubah struktur serat tekstil
  • Dan kalian dapat menggunakan radioaktif untuk mempelajari pengaruh oli dan aditif pada mesin selama mesin sedang bekerja.

Efek Radioaktif

Dampak dari radioaktif yang ditimbul oleh radioaktif pada tubuh manusia seperti berikut dibawah ini:

  1. Seperti kepala merasa Pusing atau sakit kepala
  2. Merasa selera nafsu makan berkurang atau hilang
  3. Terjadi diare yang berlebihan
  4. Suhu badan terasa panas atau demam
  5. Berat badan turun drastis
  6. Terkena Kanker darah atau leukimia
  7. Dapat Meningkatnya denyut jantung atau nadi manusia
  8. Menyebabkan Daya tahan tubuh berkurang sehingga tubuh mudah terserang penyakit dan akibatnya sel darah putih yang keluar akan berkurang jumlahnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, sejarah radiokatif berserta manfaat dan efeknya pada segala bidang pekerjaan sumber daya manusia, semoga ulasan yang telah admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kalian yang telah membaca ulasan yang admin bagikan ini sampai selesai dan terimakasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Krisna W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *