Pengertian, Tujuan, Fungsi Berserta Manfaat Dari Akuntansi

Pakethp.comPengertian, Tujuan, Fungsi Berserta Manfaat Dari Akuntansi – Bagi setiap orang mengatakan bahwa ilmu akuntansi adalah suatu hal yang berkaitan dengan sistem hitung-menghitung, Namun faktanya akuntansi atau accountig adalah sebuah proses yang tidak sederhana.

Ilmu akuntansi ini cukup banyak digunakan dalam kegiatan sehari hari, terutama terkait untuk kegiatan bisnis. Dengan menggunakan ilmu ini, pengusaha bisa memantau apakah bisnis yang Ia jalankan berjalan dengan baik atau tidak.

Teknik akuntansi tidak hanya mencakup pencatatan transaksi. Akuntansi cukup penting bagi perusahaan untuk memiliki dampak besar dalam pengembangan bisnis. Dalam pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan secara jelas dan lengkap pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat dari akuntansi. Silahkan kalian simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Dari Akuntansi

Akuntansi merupakan seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. Untuk praktisi dalam bidang ini disebut dengan akuntan.

Akuntansi sendiri juga telah disebut “bahasa bisnis”untuk  mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi dan menyampaikan informasi ini kepada berbagai pihak, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator.

Sejarah ilmu akuntansi sudah berusia ribuan tahun dan dapat ditelusuri ke peradaban kuno.Perkembangan awalnya adalah pada Mesopotamia kuno dan terkait erat dengan perkembangan dalam penulisan, penghitungan dan sistem uang.

Ada juga bukti bentuk awal pembukuan berasal pada masa Iran kuno dan sistem audit berawal oleh penduduk Mesir dan Babilonia kuno. Pada masa Kaisar Agustus, pemerintah Romawi juga memiliki akses ke informasi keuangan terperinci. Pembukuan entri ganda dipelopori dalam komunitas Yahudi di Timur Tengah abad pertengahan awal dan selanjutnya disempurnakan di Eropa abad pertengahan. 

 Karya pertama tentang sistem pembukuan entri ganda diterbitkan di Italia, oleh Luca Pacioli yang dikenal sebagai bapak akuntansi. Akuntansi mulai beralih ke profesi terorganisir pada abad kesembilanbelas dan membentuk badan bernama Institute of Chartered Accountants yang membawahi para profesional di Inggris pada tahun 1880.

Tujuan Akuntansi

Tujuan dari akuntansi pada dasarnya adalah untuk melakukan pencatatan, mengumpulkan, dan melaporkan informasi terkait keuangan, kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis pada suatu perusahaan

Apabila dijabarkan, ada terdapat tiga tujuan akuntansi dalam sistem bisnis yaitu sebagai berikut:

1. Tujuan akuntansi secara umum

  • Memberikan suatu informasi mengenai keuangan, baik itu aktiva maupun pasiva dalam perusahaan.
  • Menyediakan suatu informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi (netto) perusahaan.
  • Memberikan suatu informasi keuangan perusahaan yang dapat membantu kalian dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.
  • Memberikan suatu informasi mengenai perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu dari aset, hutang, serta modal dalam perusahaan itu sendiri.
  • Menyediakan suatu informasi lainnya terkait laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan keuangan tersebut.

2. Tujuan akuntansi secara khusus

Secara khusus, tujuan dari akuntansi adalah untuk menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

3. Tujuan akuntansis secara kualitatif

Tujuan dari akuntansi secara kualitatif meliputi beberapa hal sebagai berikut ini:

  • Dapat memberikan informasi yang relevan.
  • Dapat menyampaikan suatu informasi yang telah teruji kebenaran dan validitasnya.
  • Informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam sebuah perusahaan.
  • Dapat menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan aktivitas perusahaan.
  • Dapat memberikan informasi transaksi yang real time, atau sesegera mungkin ke pada bagian keuangan.
  • Informasi yang disampaikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dan dapat diperbandingkan sesuai dengan pencatatan dengan bukti nyata yang ada di lapangan.
  • Penyampaian laporan keuangan harus lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Fungsi Dari Akuntansi

1. Merekam Bukti Catatan Transaksi

Merekam bukti catatan transaksi (recording report) secara sistematis dan kronologis merupakan fungsi utama dari akuntansi. Rekam bukti catatan transaksi ini kemudian dikirim ke Account Ledger sampai akhirnya dapat menyiapkan akun akhir untuk mengetahui profit dan loss dari bisnis yang telah di jalan pada akhir periode akuntansi.

2. Membantu lindungi properti dan aset berharga

Fungsi dari akuntansi berikutnya adalah untuk menghitung jumlah Penyusutan Aset sebenarnya dengan menggunakan metode yang tepat dan berlaku untuk aset tertentu.

Semua di sipasi tidak sah dari aset akan mengakibatkan sebuah bisnis mengalami kebangkrutan. Itulah sebabnya sistem akuntansi dirancang untuk melindungi properti dan aset bisnis dari pemakaian yang tidak sah atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Memberikan komunikasi Hasil

Fungsi dari akuntansi selanjutnya adalah untuk memberikan komunikasi dari hasil dan transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu. Misalnya investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan, peneliti, dan instansi lainnya.

Berikut di atas adalah tujuan akuntansi beserta manfaat dan fungsinya dalam pelaporan keuangan perusahaan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Dari Akuntansi dalam Bisnis

Teknik akuntansi tidak hanya mencakup pencatatan transaksi. Akuntansi cukup penting bagi perusahaan untuk memiliki dampak besar pada pengembangan bisnis.

Beberapa keunggulan dari akuntansi adalah:

  • Dapat Memberikan sebuah informasi keuangan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan manajemen.
  • Memberikan laporan atau informasi terhadap pihak eksternal.
  • Sebagai alat kontrol dan kontrol finansial.
  • Untuk alat untuk penilaian terhadap perusahaan.
  • Sumber daya yang sangat mendasar.

Demikianlah pembahasan yang telah admin sampaikan secara jelas dan lengkap di dalam ulasan ini yaitu mengenai Pengertian, tujuan, fungsi, berserta manfaat dari akuntasi. Dan semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua yang telah membaca ulasan ini sampai sebagai berikut ini. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Krisna W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *