Primordialisme, Jenis, Dampak, Indonesia, Latar Belakang

Pakethp.comPrimordialisme, Jenis, Dampak, Indonesia, Latar Belakang – Primordialisme adalah pandangan atau paham yang akan memegang teguh hal – hal yang dibawa sejak kecil. Baik mengenai tradisi, adat – istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.

Pengertian Primordialisme

Primordialisme, Jenis, Dampak, Indonesia, Latar Belakang

Primordial yang diartikan dengan ikatan – ikatan dalam sebuah masyarakat yang bersifat kemurnian “hingga kesukuan, kekerabatan, keagamaan dan kelompok” juga sifat yang dibawa sejak lahir.Ada ada juga sifat keaslian ini misalnya berdasarkan kesukuan, kekerabatan “klan” dan kelompok – kelompok tertentu yang bersifat tradisional.

Apabila sikap setiap warga waktu anggota ikatan tadi juga berorientasi kepada kepentingan kelompoknyakemudian dengan sikap demikian dinamakan primordialisme. kelompok ada bermacam – macam jenisnya, kemudian dapat dibedakan berdasarkan proses pembentukannya.

Dengan adanya kelompok yang telah terbentuk karena ikatan alamiah dan ikatan keturunan yang akan mengikat warganya dengan adat istiadat – istiadat dan sistem norma yang sejak dahulu telah tumbuh seolah – olah dengan tidak sengaja.

Kemungkinan kelompok yang akan ada dibentuk dengan sengaja. Sehingga dan aturan – aturan dan sistem norma yang mengikat anggotanya juga disusun dengan sengaja, kelompok yang terbentuk seolah – olah tidak disengaja disebut dengan kelompok.

Banyak sistem pengorganisasian dengan kelompok. Disebut juga dengan in formal organization yang sangat jenis kelompok ini pun bermacam – macam, diantarnya kelompok kesukuan, kekerabatan. kelompok lain, seseorang yang menjadi anggota suatu kelompok menyebut dirinya kelompok dalam atau disebut in groups, sedangkan orang yang lain di luar kelompok disebut kelompok luar atau ous groups.

Baca juga : 5 Rekomenasi Aplikasi Kunci Layar Wallpaper Keren di Android

Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

  • William G. Sumner

Mungkin di dalam in groups terdapat persamaan persaudaraan yang akan ditunjukkan dengan keraja sama. Saling membantu dan saling menghormati serta memiliki persamaan solidaritas, kesetian terhadap kelompoknya dan kesedian berkorban demi kelompok.

  • Charles Horton Cooley

in groups juga kelompok primer yang sangat penting peranannya dalam menentukan kepribadian manusia. Yang ada pada kelompok primer inilah manusia belajar mengenal kasih sayang, kebebasan, keadilan, fan play, persamaan, patuh kepada orang tuas dan keluarganya, serta kesedian berkorban untuknya.

Juga banyak pengalaman – pengalaman yang seperti itulah akhirnya perasaan bersama dalam kelompok tersebut. Jadi sikap primordial atau primordialisme dapat terjadi dalam setiap kelompok dalam masyarakat yang akan masih mempertahankan nilai keaslian kelompoknya.

  • Sumner

Banyak setiap in groups atau kelompok primer memiliki sifat etnosentris. Juga padangan anggota – anggota in groups menganggap bahwa segala sesuatu yang termasuk kelompoknya ialah yang terbaik, paling istimewa dan paling hebat.

Mungkin yang tidak termasuk ke dalam kelompoknya kurang baik, rendah dan tidak sopan. Sifat etnosentris ini bermula dari perasaan primordial yang kemudian meluas dan berkembang termasuk di antaranya terwujud ke dalam berkembangnya politik aliran.

Politik aliran merupakan politik yang akan mementingkan pandangan atau cara berfikir kelompok tertentu. Dengan politik aliran sangat bertentangan dengan demokrasi karena dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Terjadinya primordialisme

Primordialisme yang sebenarnya mucul akibat pengaruh dari kemajemukan dan multikultural terhadap kehidupan masyarakat. Bahkan primordialisme sendiri adalah pandangan atau paham yang memegah teguh dengan hal – hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada dalam lingkungan pertamanya.

Latar Belakang Terjadinya Primordilaisme :

  • Kemungkinan adanya sesuatu yang akan dianggap istimewa oleh individu dalam suatu kelompok atau perkumpulan sosial.
  • Kemungkinan adanya suatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok atau kesatuan sosial dari ancaman luar.
  • Kemungkinan adanya nilai – nilai yang berkaitan dengan sistem keyakinan, seperti nilai keagamaan dan pandangan hidup.

Primordialisme di Indonesia

Kemungkinan tidak ada sadar masyarakat Indonesia untuk ternyata terus mengembangkan ikatan – ikatan yang akan bersifat primordial. Yaitu loyalitas berlebihan yang mengutamakan atau menonjolkan kepentingan suatu kelompok agama, ras, daerah, atau keluarga tertentu.

Dengan adanya loyalitas yang berlebihan terhadap budaya subnasional tersebut dapat mengancam integrasi. Bangsa karena primordialisme mengurangi loyalitas warga negara pada budaya nasional dan Negara sehingga mengancam kedaulatan negara,
dengan kencenderungan ini timbul apabila setiap kelompok cultural.

Kemungkinan, kelompokkelompok masyarakat tersebut akan mengajukan tuntutan untuk memperjuangkan kepentingan kelompoknya. Seperti tuntutan pembagian sumber daya alam yang lebih seimbang antara pusat dan daerah, terakomondasi, tuntutan tersebit akan berkembang menjadi gerakan memisahkan diri suatu kelompok masyarakat dari suatu NKRI, misalnya gerakan separatis Aceh Merdeka(GAM).

You May Also Like

About the Author: Une L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *