Ukuran Header Youtube Yang Benar Supaya Tidak Terpotong

Pakethp.com – Ukuran Header Youtube Yang Benar Supaya Tidak Terpotong – Bila kalian ingin menjadi salah satu seseorang Youtuber dan kalian ingin mengupload video di Youtube channel tentunya ada banyak hal harus kalian perhatikan. Nah, salah satunya adalah dengan memperhatikan Ukuran Header Youtube.

Selain konten video yang harus menarik, namun juga header channel juga harus kalian lalukan dengan semenarik mungkin. Jadi, salah satunya dengan ukuran headernya yang harus sesuai dengan ukuran Youtube.

Jadi, kalian harus memperhatikan header supaya tidak ada bagian gambar yang terpotong. Nah, bila terpotong maka nantinya akan mengubah tampilan awal YT yang membuat video yang akan kalian uploud di Youtube menjadi kurang menarik lagi.

Maka dari itu, yang menjadi pembahasan Mimin kali ini adalah tentang ukuran header atau sampul channel Youtube pada umumnya. Untuk itu, silakan simak ulasan di bawah ini hingga dengan selesai, karena Mimin juga menyediakan tutorial lengkapnya di bawah ini yang bisa kalian ikuti.

Baca juga : Begini Cara Memperkecil Ukuran PDF Tanpa Aplikasi

Apa Itu Header YouTube?

Ukuran Header Youtube Yang Benar Supaya Tidak Terpotong

Buat kalian para konter kreator Youtuber yang sudah lama berkecimpung di dunia YouTube, pastinya kalian sudah tidak asing dengan yang header. Namun, sebagian kreator yang memang masih pemula masih asing dengan istilah yang satu ini.

Jadi, perlu kalian ketahui. Bahwa Header sendiri adalah salah satu sebuah gambar yang biasanya ditemui pada bagian atas halaman channel YouTube. Dimana fungsi dari header sendiri yaitu untuk memberikan dalam suatu informasi kepada para penonton tentang channel tersebut.

Di samping itu, biasanya header dapat menjadi salah satu sebuah identitas atau ciri khas saat dalam menciptakan nuansa yang khas dan unik pada channel YouTube kalian sendiri.

Namun, perlu kalian ketahui. Header biasanya di tampilkan Youtube berbeda-beda, itu semua tergantung dari jenis perangkat yang digunakan oleh pengguna seorang youtuber tersebut.

Misalnya seperti pada tampilan awal, dimana header di smartphone akan berbeda dengan header yang tampil di perangkat PC atau laptop. Maka dari itu, pemilik channel wajib mengetahui berapa ukuran dari header youtube itu sendiri. Dengan tujuan, supaya youtube kalian menampilkan gambar yang bagus, menarik tanpa terpotong meski dibuka di perangkat jenis apa pun yang digunakan.

Ukuran Header YouTube

Seperti yang sudah Mimin katakan diatas tadi, bahwa ukuran header akan berbeda tergantung dari ukuran layar melalui perangkat yang digunakan untuk mengakses video tersebut.

Namun, Youtube tetap memberikan panduan kepada para penggunanya supaya masih dapat membuat header dan Thumbnail Youtube dengan ukuran yang pas.

Nah, berikut ini adalah ketentuan yang diberikan YouTube yang berkaitan dengan header atau sampul dari sebuah channel Youtube.

  1. Dimana dimensi minimal pada gambar yang hendak diupload untuk dijadikan sebagai header yaitu dengan ukuran 2048 x 1152 pixel.
  2. Letak logo dan teks sebaiknya diletakkan di area yang aman, dimana area berukuran 1546 x 2423 pixel di bagian tengah gambar tersebut. Namun, bila ditempatkan di luar area itu, maka gambar dan teks bisa saja terpotong karena ukuran layar itu sendiri.
  3. Foto yang melebar sebaiknya maksimal ukuran 2560 x 423 pixel karena memang area ini area aman dan sudah disebutkan sebelumnya dapat selalu tampak di semua ukuran layar di perangkat apa pun yang digunakan.
  4. Nah, ukuran maksimal dari file gambar yang digunakan pada header channel adalah6 MB, jika lebih besar dari ukuran tersebut, maka sistem Youtube akan langsung menolak pengaploud tan dari gambar kalian.

Baca juga : Kode Promo Viu Terbaru 2021, Cek Disini

Cara Memasang Header Youtube

Melalui PC atau Laptop

Berikut ini adalah tutorial cara mengubah header channel lewat PC atau laptop.

  1. Langkah yang pertama, terlebih dahulu silakan kalian buat channel youtube. Jika sudah, silakan kalian klik Tombol Login yang ada di kanan atas.
  2. Kemudian silakan kalian masukkan Email atau Username kalian dan tekan Next.
  3. Setelah itu, silakan kalian masukkan Kata Sandi dan Password dan silakan tekan Next, namun, jangan lupa untuk pastikan kalian berhasil masuk Youtube.
  4. Selanjutnya silakan klik foto profil di youtube yang kalian miliki dan pilih menu My Channel.
  5. Lalu silakan klik Add header channel khusus bagi channel kalian yang belum mempunyai header.
  6. Berikutnya silakan kalian pilih Gambar dari penyimpanan internal komputer yang hendak kalian masukan.
  7. Lalu kalian dapat dengan melakukan pemotongan dan Crop gambar apabila ukuran gambar kalian belum sesuai dengan aturan Youtube.
  8. Terakhir, bila tahap diatas sudah kalian lakukan. Maka kalian dapat klik Done.
  9. Selesai, selamat mencoba.

Melalui Smartphone

Nah, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara upload header lewat Smartphone, berikut ini adalah tutorialnya untuk upload header channel Youtube di smartphone (Android).

  1. Langkah yang pertama, silakan login akun Googledi Android kalian terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silakan kalian buka aplikasi Youtube kemudian kalian klik pada Menu Profil yang ada di kanan atas halaman aplikasi Youtube.
  3. Selanjutnya silakan pilih opsi Your channel, lalu silakan pilih opsi Edit Channel.
  4. Setelah itu, silakan klik ikon kamera yang terdapat dalam bagian Header, dan silakan pilih opsi Choose File.
  5. Berikutnya silakan temukan Gambar yang hendak kalian gunakan sebagai header.
  6. Apabila sudah, maka silakan klik Done.
  7. Selesai, dan selamat mencoba ya.

Baca juga : Shopee Food, Begini Cara Mendaftarnya

Itulah informasi yang dapat Mimi bagikan kali ini mengenai Ukuran Header Youtube Yang Benar Supaya Tidak Terpotong, semoga dengan adanya informasi diatas diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian.

You May Also Like

About the Author: Lilis KM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *